Tips Investasi Saham Dari Lo Kheng Hong, Warren Buffet Indonesia!

Aug 13, 2021Saham, Tokoh

Hai! Di artikel kali ini kita akan belajar dari seorang investor legendaris Indonesia, karena jam terbang dan return yang dihasilkan di pasar saham sangat luar bias! Beliau pernah hingga untung ribuan persen dari pasar saham

Beliau adalah Lo Kheng Hong yang biasa disebut Warren Buffett nya Indonesia! 

Informasi mengenai Lo Kheng Hong ini, Nubie Investor pelajari dari buku yang bagus untuk investor saham pemula yaitu Who Wants To Be A Smiling Investor karya Pak Lukas Setia Atmaja! Nubie Investor juga sudah buat point2 penting dari buku tersebut bisa kamu baca dengan klik di bawah ini ya!

Review buku Who Wants To Be A Smiling Investor 

Lo Kheng Hong lahir pada 20 february 1959 di Jakarta, awal mula karir LKH adalah sebagai pegawai Tata Usaha sebuah bank, ia bekerja selama 11 tahun sambil kuliah malam. 

Di usia 30 tahun tepatnya di 1989 ia membeli saham pertamanya yaitu PT Gajah Surya Multi Finance saat IPO. Apesnya saham pertama nya ini tidak mendatangkan keuntungan malah kerugian, ia pun terpaksa harus menjual sahamnya. 

LKH dapat memilih kapok dan tidak mau berinvestasi lagi disaham, namun ia memilih untuk belajar dan mendalami lagi strategi dan prinsip investasi dari Warren Buffett. 

Tahukah kamu bahwa LKH tidak menginvestasikan uangnya ke Obligasi, Emas, dan dollar? Obligasi LKH menganggap returnnya tidak menarik, emas juga dianggap tidak produktif, dan berinvestasi di dollar menurut LKH adalah mengharapkan hal2 yang buruk terjadi di Indonesia, seperti kerusuhan, krisis ekonomi, sehingga rupiah melemah, maka ia pun tidak menyimpan uangnya di dollar. 

Ia hanya menyisihkan uangnya di bank dan hanya secukupnya karena bunga yang kecil. 

LKH percaya doa seorang investor haruslah yang baik2. Tuhan tolong berkati negara ini, semoga aman, ekonomi dapat tumbuh pesat, penjualan2 naik, daya beli meningkat dan tentunya akan berdampak pada harga – harga saham

LKH hanya punya 15% dana cash untuk jaga2 kalau sampai krisis ia masih memiliki uang untuk beli saham

LKH adalah seorang Value Investor. Ia mencari perusahaan yang salah harga di bursa efek. Strateginya simple sekali, membeli saham yang bagus dengan harga murah. Kemudian ditunggu dengan sabar. Sampai suatu hari kembali naik ke harga wajarnya 

Bagaimana ia mengetahui harga mahal atau murah dengan melihat PER nya. Saham Rp. 250 belum tentu lebih murah daripada Rp. 70rb. Harus dibandingkan dengan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba (Price To Earning Ratio) 

Seperti contoh MBAI adalah emiten yang salah harga menurut LKH. Pada tahun 2005 LKH beli 8.28% saham MBAI di harga Rp. 250. saham beredar MBAI adaalh 75jt lembar, jadi nilai MBAI adalah 18.75 milyar (Rp. 250 x 75jt). Padahal laba bersih MBAI adalah 58 milyar. Artinya PER nya hanya 0.32x (18.75 / 58.5) 

Dalam 6 tahun harga mbai naik menjadi 31.500 per lembar sahamnya. Maka dijuallah MBAI dengan keuntungan 12.500%! 

  1. Berapa PER yang ideal? Bagi LKH yang reasonable adalah 5. kemungkinan besar dijual dengan salah harga. 
  2. Tapi selain PER LKH juga memperhatikan Manajemen perusahaan, apakah menerapkan good corporate governance? Apakah pengelola jujur? Jangan sampai manajemen makan duit perusahaan, sehingga merugikan kita sebagai sleeping partner 
  3. Selain itu LKH juga melihat bidang usaha. Ada usaha yang kurang menarik yaitu textile dan penerbangan, sedangkan yang menarik seperti kelapa sawit, barang konsumsi, perbankan, dan pakan ayam. 
  4. Roe yang tinggi juga menjadi faktor penting artinya perusahaan dapat memberikan laba yang tinggi 
  5. Yang terakhir pertumbuhan perusahaan. Bila dalam 5 tahun perusahaan terus bertumbuh secara pendapatan dan labanya. Maka bisa jadi itu adalah super company! 

Saat ini LKH menghabiskan waktunya duduk di taman rumahnya dari pagi hingga malam dan melakukan 3 hal. RTI (Read Think and Invest.) ia baca 4 koran, LK perusahaan, dan data statistik pasar modal. Benar2 kehidupan full time seorang investor 

Kurang lebih itu mengenai seluk beluk seorang Lo Kheng Hong! Semoga kamu terinspirasi menjadi seorang investor saham dan belajar hal baru. 

Yuk bergabung dengan Nubie Insider dengan memasukan nama dan email kamu di formulir di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

6 Aplikasi Wajib Dimiliki Investor Saham!

Hai! kembali lagi bersama Nubie Investor! Di artikel kali ini kita akan coba kumpulkan beberapa aplikasi yang bagus dimiliki oleh investor saham di handphone-nya! Semoga aplikasi - aplikasi ini...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami