Review Buku Who Moved My Cheese | Menghadapi Perubahan Hidup

Oct 11, 2021Review Buku

Pernah ga sih kamu merasa tidak nyaman dengan perubahan?

Mungkin kamu harus meninggalkan kampung halaman untuk pendidikan atau kerja.

Mungkin kamu berpindah tempat kerja, walaupun sebetulnya sudah nyaman dengan posisi di kantor sebelumnya.

Mungkin kamu harus berpisah dengan orang yang kamu cintai.

Hal yang tidak mungkin berubah adalah perubahan itu sendiri.

Nah hari ini kita akan belajar dari sebuah buku yang sederhana, namun memiliki makna yang dalam mengenai perubahan, yaitu Who Moved My Cheese karya Dr Spencer Johnson!

Oh ya karena buku ini akan erat dengan perubahan dalam hidup, apasih perubahan yang baru – baru ini kamu hadapi dalam hidup mu? mungkin karena pandemi harus beradaptasi dalam pekerjaan, pendidikan, dan lainnya.

Share dikolom komentar ya agar kita sama – sama dapat belajar dari cerita masing – masing.

Cerita Singkat

Dalam buku ini diperkenalkan ada 4 karakter utama, 2 manusia kecil bernama Hem dan Haw lalu ada Sniff and Scurry 2 ekor tikus kecil.

4 tokoh ini berada dalam labirin dan dalam labirin tersebut banyak pos – pos keju yang tersebar.

Pada awalnya ke empat tokoh Hem Haw, Sniff dan Scurry berusaha dengan keras mencari pos keju dengan menyusuri labirin yang penuh misteri, banyak daerah yang gelap, juga ada suara – suara aneh, hii takutt

Mereka menggunakan sepatu lari, baju olahraga, celana training dan berlari untuk mencari pos keju.

Sampai pada akhirnya mereka menemukan sebuah pos A dengan cadangan keju yang berlimpah! Hore!!

Ke empat tokoh pun membangun rumah di dekat area pos keju tersebut.

Karena sudah mendapatkan cadangan keju yang berlimpah dan sudah merasa nyaman, Hem dan Haw yang awalnya selalu eksplorasi labirin mulai males – malesan. mereka mulai bangun siang karena kenyamanan, kemudahan dan yakin sudah pasti ketika mereka pergi ke pos keju A akan menemukan keju – keju yang siap disantap

Sampai pada satu hari Haw dan Hem pergi ke pos A dan bingung, kok tidak ada lagi keju di Pos A?! WHO MOVED MY CHEESE?! kata mereka berdua.

Disisi lain Snif dan Scurry 2 tikus dengan pemikiran yang tidak sekompleks manusia, ternyata sudah menyadari bahwa cadangan keju semakin lama semakin menipis, jadi sambil mereka menikmati keju – keju di Pos A mereka sudah berjaga – jaga untuk mencari pos keju baru dengan mengeksplorasi labirin yang gelap, menakutkan, dan penuh ketidak pastian.

mereka tidak hanya tinggal diam, terlena dengan kenyamanan, dan tetap berjaga – jaga dengan kondisi mereka saat ini maupun untuk masa depan.

Kembali ke Haw dan Hem, karena kenyamanan yang tiba – tiba direnggut dari mereka, rasa marah, kesal, dan bingung masih mereka rasakan. Mereka mulai marah pada keadaan kenapa ini terjadi kepada saya?! Kemana keju – keju lejat yang saya miliki?! dan malah berpikir jelek ke Snif dan Scurry jangan – jangan gara2 2 tikus itu keju kita hilang!

Mereka masih tiap hari dateng nih ke tempat pos A untuk berharap pasti suatu saat akan balik lagi ini keju – keju kesayangan kita, bukannya fokus mencari solusi mereka malah menyalahkan keadaan dan tetap melakukan hal yang sama berulang kali.

Hal ini berlangsung terus sampai Haw akhirnya sadar bahwa melakukan hal yang sama setiap hari dan mengharapkan perubahan adalah hal yang bodoh, maka ia mulai mengambil sepatu larinya, pakai baju olahraga dan celana training lalu mulai berlari lagi di labirin untuk mencari pos – pos keju diluar sana.

Sambil mencari – cari, walaupun tidak mudah dan banyak melewati kegagalan, tiba di pos yang ternyata sudah habis kejunya, ia akhirnya menemukan Pos D! dimana Scurry dan Snif sedang kekenyangan melahap keju yang ada di pos tersebut

Haw pun sadar:

  1. perubahan pasti terjadi
  2. kita harus mengantisipasi perubahan
  3. memonitor perubahan
  4. beradaptasi pada perubahan
  5. berubah
  6. menikmati perubahan
  7. dan terakhir siap untuk berubah lagi dan nikmati terus dan terus perubahan tersebu

Penutup

Buku ini sangatlah singkat, tapi memiliki makna yang sangat dalam.

Cheese atau keju disini adalah sebuah tujuan atau cita – cita atau hal apapun yang kita inginkan dan kita kejar dalam hidup. Bisa kebahagiaan, kedamaian, rumah mewah, pekerjaan yang bagus, mobil mahal, keluarga yang bahagia, apapun yang membuat hidup kita menjadi lebih berarti dan layak untuk kita kejar

Maze atau labirin adalah perjalanan kita mencapai ke tujuan tersebut, kadang kita bertemu dengan jalan buntu kadang kita tersandung dan jatuh, bahkan mungkin kita menyerah.

Saat kita bisa mendapatkan keju kita dalam labirin, pasti senang dong rasanya. Tapi ingat kita tidak boleh lengah karena dalam labirin maupun hidup hal yang pasti adalah perubahan.

Dalam dunia bisnis contoh paling sederhana seperti wartel atau warnet, dulu dimana – mana pasi dengan mudahnya kita temui, sekarang dengan koneksi internet dan telpon yang sangat mudah, bisnis ini pun mulai punah.

Contoh lainnya seperti encyclopedia, yang sekarang sudah dilibas dengan google. hal apapun dapat dengan mudah kamu cari di mesin pencari daring.

Teruslah berubah dan nikmati semua proses perubahan yang kamu hadapi dalam hidup, karena satu – satunya yang pasti adalah perubahan

Bagaimana dengan kamu? apakah ada perubahan yang baru – baru ini kamu hadapi dalam hidup mu?

Yuk share di kolom komentar agar kita dapat saling sharing!

Masukan nama dan email kamu di formulir di bawah bila ingin mendapatkan konten seputar keuangan, investasi, dan review buku.

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami