Review Buku The Richest Man In Babylon

Aug 13, 2021Review Buku0 comments

Haia! Kembali lagi bersama Nubie Investor. Divideo ini kita belajar dari salah satu bapak dari buku personal finance karena sudah diterbitkan dari tahun 1926 dan banyak menjadi ide dari buku2 personal finance modern. 

Buku ini adalah The Richest Man In Babylon karya George S. Clason! 

Buku ini adalah buku keuangan klasik yang mengajarkan bagaimana fundamental mengelola keuangan yang dilakukan oleh orang terkaya di Babylon atau Babel pada masa 6000 tahun lalu. 

Diceritakan dibuku ini bagaimana Babylon adalah kota yang sangat makmur. Disusun seperti kota modern walaupun tanpa sumber daya yang memadai. Babylon juga menjadi pusat perdagangan yang melahirkan banyak orang kaya. 

Selain belajar mengenai kelola keuangan kita juga seperti belajar sejarah bagaimana kehidupan orang Babel pada 6000 tahun yang lalu. Dibahas dengan banyak dialog dan analogi sederhana membuat buku ini mudah untuk dicerna. 

Yuk kita masuk ke 5 point terpenting menurut Nubie Investor dari buku ini The Richest Man In Babylon karya George S Clason. 

Point 1: Men of action are favored by the goddess of luck 

Coba bayangin tokoh2 sukses seperti: Christiano Ronaldo, Michael Jordan, Chairul Tanjung 

Banyak orang yang akan berpikir: 

  1. Kok hoki amat mereka yak? 
  2. Emang lahir udah kaya itu mah 
  3. Pasti ada koneksi orang dalem deh jadi bisa sukses 

Yang orang ga tau dan gamau tau adalah bagaimana kerja keras mereka untuk bisa mendapatkan kesuksesan mereka. Bagaimana latihan shoot ratusan bahkan bisa ribuan setiap hari, bangkrut, ribut internal dalam bisnis, ditipu orang dan lainnya jarang sekali dilihat orang banyak 

Dalam buku ini dibuat analogi, kalau seorang nelayan sekali lempar jala bisa langsung dapat banyak ikan pasti orang banyak akan mikir “hoki” bener ni orang. 

Tapi kalau seorang nelayan selama 4 tahun kebelakang meneliti ke dalaman airnya, meneliti arus air, suhu air, kapan waktu ikan berkumpul, kapan waktu menjala ikan terbaik. 

Apakah ketika mendapatkan ikan yang banyak itu adalah sebuah keberuntungan? Tentunya  tidak!  

Do-er vs Procrastinator 

Anggaplah setiap orang mendapatkan kesempatan atau peluang yang sama. Bagi orang yang suka menunda2, kesempatan itu akan berlalu begitu saja 

“cape nihh netflik dulu ah 1 episode” 

“nanti deh abis gajian, bulan depan dehhh” 

Sedangkan bagi seorang Do-er kesempatan yang dieksekusi pada akhirnya sukses dapat menjadi sebuah “keberuntungan” dimata orang lain. 

Semakin sering kamu melempar dadu semakin besar kemungkinan kamu mendapatkan angka lucky 7. 

Pointnya teruslah berusaha, coba belajar coba belajar coba belajar, dan jangan pernah menyerah. 

You have to crush the spirit of procrastination 

Point 2: Sebagian Dari Penghasilan Kamu Adalah Milik Mu. 

Loh bukan sebagian lagi emang semuanya ga sih punya saya? 

Realitanya nggak loh! Coba nih kamu pikirkan ya.. 

Berapa banyak uang yang kamu kasih ke toko fashion? untuk Delivery makanan? Restaurant? Ke ojek online? Quota internet? Streaming online? 

Akhirnya diakhir bulan berapa uang yang benar2 kamu simpan untuk kamu? 

Kalau jawabannya hampir tidak ada di buku ini diberikan tips bahwa minimal 1/10 emas dari apa yang kamu hasilkan haruslah menjadi milik mu dan cukupkan diri dengan 9/10 income yang kamu punya. 

Konteks modernnya adalah ditabung / investasikan. Jadi kalau gaji kamu 5 juta minimal 500rbnya kamu tabung atau investasikan langsung setelah kamu gajian. Baru 4.5 jt nya boleh kamu gunakan! 

Lama2 kamu akan merasa terbiasa hidup dari 90% pemasukan kamu. 

10% nya ini akan digunakan untuk memastikan future income kita, akan dibahas lebih dalam di point 4 

Point 3: Dengarkan tips dan berpartner hanya dengan orang yang kompeten 

Jadi dibuku ini orang terkaya di Babel bernama Arkad. 

Nah ceritanya Arkad di awal karirnya dengan penghasilan 10 tembaga perbulan, udah sukses nabung setahun nih kekumpul 12 tembaga 

Dia pun ditawarin partneran sama Azmur si pembuat batu bata, buat pergi negeri orang untuk beli batu permata yang bisa dijual jauh lebih mahal di Babylon 

Algamish guru dari Arkad pun bilang. Wah kasihan lu Kad,  baru aja lu cabut pohon tabungan lu sampe ke akar2nya. Kenapa lu percaya tukang batu bata buat jadi pedagang permata? Apakah lu minta tips membuat roti ke penjahit? Ya ngga dongg. 

Dan bener aja Azmur tukang batu bata ditipu cuman beli gelas – gelas ga berharga. 

Belajar dari kesalahan itu Arkad pun akhirnya nabung dan setelah satu tahun dia bekerja sama  dengan pembuat perisai untuk buat lebih banyak perisai karena kekurangan modal untuk beli bahan baku. 

Untung? Untung dongg. Setiap 4 bulan dapat bunga Arkad dari Aggar. 

Jadi apakah Arkad akan meminta tips kepada tukang batu bata lagi? Tentu saja kalau mengenai pembuatan batu bata! 

Point 4: Buat Emas Mu Beranak Cucu 

Kekayaan itu kaya pohon, semakin lu beri nutrisi, lu rawat akan cepet besar dan berbuah pohonnya. 

Nutrisi dan merawat dalam hal ini adalah kamu menambahkan terus uang atau emas ke pohon mu. Terus beri nutrisi yang banyak agar cepat tumbuh dan kamu bisa nikmati hasilnya 

Kembali ke cerita Arkad, Algamish pun menanyakan apa yang diperbuat dari bunga Aggar lu pake buat apa bro? Jamuan lejat dongg masa udah kerja keras ga reward yourself sih??  

Salah! Ga akan tumbuh2 pohon lu kalo gitu. Ingat konteks di awal adalah hanya gunakan untuk dinikmati 90% dari penghasilan lu. 10% tabungan atau pohon lu hasilnya jangan di sentuh sama sekali! 

Gunakan uang sebagai budak – budak kamu yang menghasilkan uang lebih banyak lagi! Ini adalah bentuk perbudakan modern yang 100% legal. 

Biarkan uang itu bekerja untuk kamu walaupun kamu sedang tidak bekerja. Nikmat! 

Di konteks modern ini sama seperti compound interest. Dimana bunga yang kita dapatkan janganlah di nikmati tapi biarkan menggulung terus untuk semakin besar 

The eight wonder of the world kata Albert Einstein 

Point 5: Pemasukan tidak sama dengan kekayaan 

Ada sebuah aula besar di Babel dan Arkad orang terkaya di Babel sedang memberikan kuliah umum untuk ngajarin ke 100 orang Babel terpilih 

“Coba siapa disini yang ngerasa kantongnya kempes?” 

Semua nya angkat tangan 

Kok bisa? Padahal lu semua backgroudnnya beda loh. Ada yang kerja di toko roti, ada yang pedagang, ada yang pembuat batu. Pemasukan kalian pasti beda2 kan kok bisa ga ada duit sama semua? 

Hmmm…. Betul juga. 

Karena pengeluaran kalian akan mengikuti pemasukan kalian. Semakin besar pemasukan juga akan semakin besar pengeluaran KECUALI kamu dengan sadar menolaknya! 

Rumus kekayaan adalah pemasukan di kurang pengeluaran ini rumus universal semua orang. Kalo semakin besar pemasukan juga pengeluarannya makin besar udah pasti ga akan kaya2! 

Bahkan banyak orang yang penghasilannya bertambah pengeluarannya malah melebihi pemasukannya  ganti mobil mahal, beli rumah, dll 

Inget Rumus di awal minimal 10% Pendapatan lu harus lah untuk dirimu atau lainnya adalah pay yourself first! 

Bonus Chapter: 

Cerita tentang Dabasir yang pergi dari Babel untuk mencari uang dari negeri orang untuk bayar utang2nya di Babel. 

Bukannya kaya, apesnya Dabasir malah gagal dengan usahanya dan harus menjadi budak 

Saat jadi budak Dabasir ga duduk bareng makan sama budak lain dan ga mau bersosialisasi sama budak lain.  

Tujuannya dari awal jelas Dabasir adalah seorang freeman dan mau kembali menjadi free man. Jadi segala tindakannya fokus terhadap bagaimana menjadi freeman. 

Where the determination is, the way can be found 

Karena dilihat Dabasir bekerja keras dan sangat ingin menjadi orang bebas lagi istri dari majikan Dabasir pun melepaskan Dabasir dan Dabasir pun kembali ke Babylon untuk melunasi hutangnya dan mengembalikan nama baiknya di Babylon 

Untuk membayar utangnya ia menjadi pedagang unta, setiap bulan purnama ia mengumpulkan hasil penjualannya dan langsung membaginya 

  1. Simpan 1/10 dari income untuk investasi masa depannya 
  2. 7/10 buat makan dan kehidupan keluarga biar sejahtera istri dan keluarganya 
  3. 2/10 Bayar utang 
    • List org yg diutangin 
    • Samperin satu2 dan bilang dari 2/10 income gw bakal bayar utang klean 
    • Bayar utangnya unik sih ada beberapa orang dan dia bakal bayar semuanya rata. Misalnya 2/10 incomenya adalah 10 silver ada 10 orang yang hitungin maka, masing2 ya bakal dibayar 1 silver sampe semuanya lunas 

Akhirnya inilah buku Richest man in Babylon. Buku ini benar – benar adalah buku keuangan klasik yang akan memberi kamu fundamental pengelolaan keuangan kamu. 

Tips yang simple dan sangat mudah diaplikasikan di kehidupan nyata dan bacaan yang menyenangkan sangat direkomendasi untuk dibaca, semoga dapat membantu kamu menuju ke financial goal kamu!  

Yuk bergabung dengan Nubie Insider dengan memasukan nama dan email kamu diformulir di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami