Review Buku Biografi Khabib Nurmagomedov

Aug 14, 2021Tokoh

Hai! Kembali lagi bersama Nubie Investor. di artikel kali ini kita akan belajar dari seorang petarung legendaris yang nilai – nilai hidupnya sangatlah bagus untuk kita contoh. Ia adalah Khabib Nurmagomedov!

Kita akan belajar langsung dari buku Khabibtime yaitu autobiography Khabib, yang artinya buku ini ditulis langsung oleh Khabib!

Buku ini sangat cocok bagi kamu yang suka olahraga MMA, karena banyak istilah2 MMA yang digunakan, kenapa Khabib menggunakan teknik ini dan kenapa harus teknik itu. Nama2 atlit yang bersentuhan dengan hidup Khabib sebut saja Conor Mcgregor, Tony Ferguson, Rafael dos Anjos, Islam Makhachev, dll juga akan diceritakan Khabib.

Khabib lahir di desa kecil bernama Sildi, Dagestan, Russia, pada tahun 20 September 1988

Khabib kecil dari umur 3 tahun sudah bermain – main di matras gym karena ayahnya mencintai dunia bela diri dan olahraga.

Ayahnya ini juga yang mengajarkan Khabib dari kecil untuk selalu berlatih keras dan menjadi pelatihnya sejak kecil,

Fakta2 Menarik

  1. Khabib akrab sama Christiano Ronaldo (karena sama2 atlit banyak kesamaan, dan CR juga suka MMA ternyata)
  2. Khabib adalah orang yang sangat relijius, setiap ada kesempatan ia akan naik haji / umroh. di buku ini setidaknya disebut 4 x Khabib pergi ke mekkah untuk beribadah Kata2nya yang cukup terkenal adalah “Orang non muslim tidak membaca quran, mereka tidak membaca hadits, yang mereka baca adalah dirimu”
  3. Karena cidera cruciate ligaments dan 2 cidera beruntun setelahnya. Khabib tidak bertanding sampai 2 tahun lamanya (2014 – 2016)
  4. Fundamental bela diri Khabib adalah Freestyle Wrestling dan Sambo
  5. Rekor tanding karir profesional MMA Khabib tidak terkalahkan yaitu 29 – 0 – 0

Yuk langsung kita mulai menggali lebih dalam buku ini, dan 5 point utama yang bisa kita pelajari dibuku ini!

1. Lingkungan Yang Positive

Lingkungan pertama yang membentuk Khabib adalah lingkungan keluarganya, terutama ayah yang juga sebagai pelatihnya, keluarganya yang membentuk fundamental karakter Khabib, bagaimana ia harus bekerja keras, disiplin, tidak mudah menyerah, religius, dan mindset untuk selalu menjadi pemenang!

Khabib menceritakan bagaimana ia mau break dari dunia MMA ketika cedera 3x berturut2 dan parah semua, ayahnya hanya nanya “Cobaan dikirim dari sang pencipta untuk kita pikul dan kita kalahkan. Apakah kamu mau menyerah?” Tentunya tidak!

Karena landasan religius dari keluarganya juga, ia tidak pernah mau menerima event pertandingan saat sedang menjalankan ibadah puasa, karena puasa adalah waktunya untuk kedamaian, beribadah setiap hari, dan mendekatkan diri kepada sang pencipta

Khabib juga tidak pernah stress berlebihan atau tegang ketika akan bertanding, kenapa? karena setelah berusaha, berlatih, menganalisa calon petarungnya, membuat strategi bertanding, dan segala yang terbaik yang ia bisa lakukan pada akhirnya ia akan menyerahkan semuanya kepada sang pencipta. Ini yang ditanamkan oleh keluarga Khabib terutama ayahnya.

Keluarga lain yang ia miliki adalah lingkungan pelatihannya yaitu American Kickboxing Academy (AKA). disini ia dilatih oleh Javier Mendez bersama teman dan saudaranya yang selalu mendukungnya sebut saja, Islam Mamedov, Islam Makhachev. Bila kamu tidak diberikan lingkungan yang baik. Berusahalah untuk berubah dan mencari lingkungan yang positive untuk pertumbuhan mu

2. Menjadi Yang Terbaik Apapun Yang Kamu Kerjakan

Dari remaja ketika akan bertanding ayah Khabib tidak pernah berkata “kamu harus menang ya” Kenapa? Karena itu adalah kewajiban yang sudah tidak perlu disampaikan lagi! Setiap pertandingan haruslah menang!

Maka tidak heran sedari remaja dengan jadwal yang sangat padat pagi dan sore berlatih dan ditengah2nya diisi dengan sekolah. Kebiasaan berlatih 2x sehari ini juga dibawa hingga masa Khabib menjadi petarung profesional MMA

coba ya kalau dipikir2 sebetulnya apa sih pekerjaan Khabib? kalau dipersimpeeel banget esensinya adalah tonjok2an, berantem, dan menang kan?

Tapi karena ia sangat ahli dan menjadi yang terbaik dalam berantem, hingga bisa menjadi juara dunia dengan rekor 29 kemenangan tanpa kekalahan sama sekali.

Walaupun dalam tanda kutip cuman berantem, bisa loh menjadi mata pencarian, mengharumkan nama negara, bahkan perjalanan hidupnya menginspirasi banyak orang

Di zaman seperti sekarang selama ahli dibidangnya bisa jadi uang kok. coba bayangin hal sesimpel dari main game aja bisa jadi pekerjaan loh?! Bidang apapun bisa dijadikan mata pencarian selagi mengerjakan yang kamu suka

3. Terus Buat Tantangan Baru

Selalu ada tantangan yang memaksa Khabib menjadi lebih baik setiap harinya

Dari kecil ketika ia belajar di sekolah ia diberi tantangan oleh ayahnya akan diberikan uang jajan lebih bila mendapat nilai 10, selain itu ketika ia berlatih bela diri, dan ketika mendalami Quran. Rasa berkompetisi sudah menjadi bagian dari hidupnya

Dibuku ini juga ayahnya mengajarkan ketika sudah menetapkan tujuan akan terus mengejarnya, walau akan banyak hambatan dan masalah.

Goal Khabib ketika memulai berkarir dan menjadi profesional MMA adalah menjadi pemain dengan promotor terbaik di dunia yaitu UFC. Ketika sudah bergabung dengan UFC apakah selesai? Tidak! Goalnya berubah menjadi nomor 1 di UFC dan akhirnya ia juga meraihnya

Apakah tanpa hambatan? tentu saja tidak. kalau kita hanya lihat kesuksesan2nya tanpa tahu apa yang sudah Khabib lewati akan terlihat mudah sekali perjalanannya.

Bagaimana cidera 3x berturut2 yang membahayakan semua hingga 2 tahun tidak bertanding, kesulitan berkomunikasi karena tidak fasih berbahasa inggris, tinggal sendirian di negara orang, dan lainnya

Bagaimana dengan kamu? Apakah sedang ada tantangan baru yang kamu sedang hadapi? atau adakah tantangan yang sudah kamu ingin kerjakan tapi masih belum di eksekusi?

4. Event vs Process

Ini mungkin point yang paling penting dalam pelajaran yang kita bisa pelajari dari Khabib

Event adalah kejadian besar yang dianggap sebuah pencapaian dan membanggakan untuk dilihat orang, seperti menjadi juara 1 UFC

sedangkan process adalah keringat sehari – hari, usaha, dan kerja keras, ini yang jarang bahkan diabaikan orang padahal inilah yang terpenting bukan eventnya

Orang2 kebanyakan melihat dan menginginkan sebuah Event terjadi dalam hidupnya, memenangkan kompetisi ini, menjuara kompetisi itu, mencapai target ini, berhasil membeli rumah, dan lain sebagainya. tapi yang tidak diperhatikan dan dikerjakan adalah proses untuk bisa mencapai titik prestasi itu

Justru ketika melihat orang sukses kita harusnya belajar apa proses yang ia lewati, karena hal ini yang bisa kita pelajari bukan hanya event prestasi yang keren yang waw.

Mau tau jadwal keseharian Khabib diusia remajanya? Seperti ini kurang lebih:

Bayangkan loh usia belasan tahun dengan kegiatan 12 jam sehari. belum lagi membantu kesibukan di rumah yang tidak menjadi jadwal tetap. Disiplin berlatih ini terus Khabib pegang selama ia aktif menjadi petarung MMA.

5. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Belajar bukanlah berarti yang duduk di kelas, ikut S2, atau pergi ke luar negeri. Belajar bisa berarti apapun selama kamu menjadi lebih baik setelah kegiatan tersebut.

Khabib berpesan belajar bisa darimana aja. bahkan dari jalanan sekalipun, konteksnya ketika remaja Khabib adalah preman yang belajar berantem dari jalanan.

Khabib cerita gimana dia ga suka belajar disekolah tapi suka olahraga dan bela diri terus menerus ia pelajari

Sesuaikan sama yang kamu suka! Khabib tidaklah cemerlang untuk belajar di kelas. Ia pernah gagal sekolahnya waktu remaja sampai harus pindah sekolah

Tapi kalau belajar bela diri dan olahraga. Khabib sangat semangat dan terus ingin mencoba hal baru!

Sesuaikan apa yang kamu sukai dan terus belajar hingga menjadi yang terbaik!

Saat artikel ini dibuat Khabib baru saja mempertahankan gelarnya setelah mengalahkan justin Gaethje. Setelah menang ia mengumumkan hal yang sangat mengejutkan yaitu ini adalah pertandingan terakhirnya dan pensiun.

Alasannya? karena ibunya tidak mau bila Khabib bertanding tanpa ayahnya yang belum lama meninggal ditahun ini karena komplikasi virus COVID

Khabib memberikan janji kepada ibunya ini adalah pertandingan terakhirnya dan ia menepati janji kepada ibunya

Semoga rangkuman buku ini menginspirasi dan bisa belajar value – value yang dimiliki oleh Khabib Nurmagomedov.

Yuk bergabung dengan Nubie Insider dengan memasukan email dan nama kamu di formulir di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami