Akuisisi

Akuisisi adalah kegiatan dimana sebuah perusahaan atau individu membeli semua atau sebagian kepemilikan sebuah perusahaan dengan tujuan untuk memiliki kontrol terhadap perusahaan tersebut.

Perlu diingat bila pembelian membuat pembeli, memiliki lebih dari 50% saham perusahaan, maka pembeli sudah memiliki hak untuk mengambil keputusan karena sudah menjadi mayoritas pemegang saham perusahaan.

Kegiatan dimana sebuah perusahaan atau individu membeli semua atau sebagian kepemilikan perusahaan

Tujuan akuisisi beragam, bisa karena ingin masuk ke industri baru, memperbesar market share, meningkatkan sinergi perusahaan, dan lain – lain.

Mengapa Dilakukan Akuisisi?

Masuk ke Pasar Baru. Pasar baru bisa dalam perbedaan industri atau bahkan hingga keluar negeri. Tujuan utamanya adalah untuk memperbesar target pasar dari perusahaan.

Strategi Pertumbuhan. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan obat – obatan dapat mengakuisisi perusahaan logistik untuk dapat membantu memudahkan pendistribusian obat yang diproduksi perusahaan. Selain membantu pendistribusian obat perusahaan jasa logistik juga dapat menjadi sumber pemasukan baru bagi perusaaan.

Mendapatkan Izin. Contoh yang sudah terjadi di Indonesia misalnya sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Reksadana (sudah memiliki izin menjadi Agen Penjual Reksadana) dan ingin masuk ke dunia investasi saham maka harus memiliki Izin mendirikan sekuritas. Sebuah perusahaan dapat memilih untuk mengurus izin mendirikan perusahaan dari awal atau dapat mengakuisisi perusahaan sekuritas untuk lansung juga mendapatkan izin mendirikan sekuritas.

Mendapatkan Teknologi. Misalnya seperti perusahaan Target (Retailer) yang mengakuisisi Shipt perusahaan yang bergerak dalam bidang same day delivery. Tentu akuisisi ini akan menunjang teknologi pengiriman yang akan digunakan Target, Target sendiri notabene bukanlah perusahaan teknologi.

Mengurangi Kompetisi. Daripada menjadi kompetitor dimasa depan, lebih baik mengakuisisi selagi perusahaan calon kompetitor masih belum besar. Ini adalah strategi yang dilakukan oleh Amazon. Amazon adalah ecommerce terbesar di America tapi mengakuisisi banyak perusahaan – perusahaan retailer online lain, seperti Zappos (penjualan sepatu), diapers.com, dll.

Perbedaan Akuisisi Dan Merger

Walaupun kadang digunakan dalam hal yang sama, biasanya dalam kegiatan merger kedua perusahaan bersatu dan membentuk nama perusahaan atau unit usaha baru. Sedangkan dalam Akuisisi biasanya satu perusahaan akan mengambil nama perusahaan lain.

Contoh merger yang dilakukan di Indonesia seperti bankbank Syariah di Indonesia menjadi Bank Syariah Indonesia. Ini adalah hasil merger dari 3 Bank Syariah Indonesia yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah.

Contoh akuisisi seperti bank BCA yang mengakuisisi Rabo Bank untuk mengubahnya menjadi bank Digital BCA.

Istilah Kamus Lainnya

Employee Stock Option (ESOP)

Employee stock options Program (ESOP) dalam bahasa indonesianya Program Kepemilikan Saham bagi Karyawan (PKSK) adalah kegiatan perusahaan memberikan hak kepada karyawan perusahaan untuk memiliki...

Private Placement

Tujuan dari dilakukannya Private Placement adalah menambah modal perusahaan yang bisa digunakan perusahaan untuk berekspansi, membayar hutang, membuat produk baru dan lain - lain. Bagaimana caranya?...

Right Issue (HMETD)

Tujuan dari dilakukannya right issue adalah menambah modal perusahaan yang bisa digunakan perusahaan untuk berekspansi, membayar hutang, membuat produk baru dan lain - lain. Bagaimana caranya?...

80-20 Pareto

Hukum Pareto adalah sebuah pemikiran bahwa 80% hasil (output) adalah berasal dari 20% sebab (input). Hukum Pareto berasal dari konsultan manajemen bernama Joseph M. Juran yang menamakan hukum Pareto...

50/30/20

Teori 50/30/20 yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren, profesor di Harvard Law bagian dari Harvard University dan Amelia Warren anaknya. 50/30/20 adalah pembagian dari gaji atau pendapatan yang...

Year on Year (YoY)

Year on Year adalah istilah yang biasa digunakan dalam dunia keuangan untuk membandingkan performa dua atau lebih keuangan dalam periode yang sama ditahun sebelumnya. Dengan mengetahui arti Year on...

Youtube Kami