Hidup Cuma Dari Dividen Saham Emang Bisa?

Aug 11, 2021Investasi, Passive Income, Saham

Artikel ini kita akan bahas hal yang nikmat banget, cuman perlu rebahan uang masuk ke dalam rekening kita, yaitu Hidup Dari Dividen Saham.

Ga cuma itu bahkan bisa kaya dari saham tanpa perlu jual sahamnya. Dividen saham dari memiliki sebuah saham perusahaan itu nikmat bangetloh, karena kita benar – benar menjadi pemilik passive, duduk, diam, rebahan, eh dapet uang tiap tahun.

Nah pertanyaannya biasanya dividen dari saham kan kecil – kecil emang bisa kita hidup dari dividen saham

Jawabannya tergantung! Kita bisa kok kaya dari saham dengan mengandalkan dividen saham bila menerapkan strategi dan perhitungan yang benar untuk investasi saham kita.

Nah kuncinya memang kita harus memiliki nominal saham yang cukup besar untuk dapat merasakan nikmatnya dividen saham, tapi setelah mencapai target itu kita tinggal santai dan menikmati hidup dari dividen saham saja!

Yuk kita langsung masuk ke pembahasan pertama sebetulnya apa sih Dividen?

Arti Dividen Saham

Dividend adalah pembagian hasil keuntungan perusahaan dari periode tahun buku sebelumnya kepada para pemegang saham. Jadi pembagian dividend 2019 biasanya itu keuntungan dari tahun 2018. 

Biasanya dividend dibagikan satu tahun sekali, walau ada juga yang membagikan dividend interim (pembagian keuntungan sebelum tutup buku). 

Jadi dengan melihat profit tahun ini kita bisa melakukan estimasi berapa dividend yang kita dapatkan di tahun depan. 

Prosesnya ketika RUPS akan d tentukan nih berapa keuntungan yang dibagikan sebagai dividen dapat deh berapa persentasenya dibanding total keseluruhan keuntungan. 

Ini yang biasanya di sebut dengan Dividend Payout Ratio (DPR). Berapa persentase keuntungan yang dibagikan ke pemegang saham

Dari nominal pembagian keuntungan di bagi dengan jumlah lembar saham, maka di dapatlah DPS (Dividend Per Share). 

DPS ini bila dibandingkan dengan harga saham saat ini maka didapatkan dividend yield. Berapa persentase dividend dibanding dengan harga saham

Contoh dengan saham BBRI ditahun 2019:

  • Tahun 2018 profit nya 32,35 triliun 
  • Dividen yang dibagikan 16,17 triliun 
  • Payout rationya 50% 
  • DPS Rp. 131,14 
  • Harga di Cum date 23 Mei 2019. Rp. 3.850 
  • Dividen yield nya 3,4% 

Gimana Cara Hidup Dari Dividen Aja?

Jadi bisa ga sih, kita ga perlu kerja lagi cuman dari saham? Jawabannya.. Tergantung… Tergantung berapa angka pengeluaran kamu. 

Supaya lebih ada gambaran kita coba dengan contoh ya, misalnya ada seorang ibu bernama Stevie yang merasa cukup dengan pengeluaran 5 juta perbulan. Nah bila disetahunkan berarti 60jt pengeluaran setahun. 

Untuk pengeluaran ini bisa disesuaikan lagi ya. Kalau pengeluaran bulanan mu 10jt berarti perhitungan selanjutnya tinggal di kali 2 dan selanjutnya untuk 15 20 jt dan seterusnya. 

Karena ada ratusan emiten yang ada di BEI kita ambil contoh salah satu emiten yang rutin membagi dividend, yaitu PTBA atau PT Bukit Asam. 

Dividend per Share (DPS) tahun 2019 (tahun buku 2018) adalah Rp. 339,63 / saham 

Maka.. Agar Ibu Stevie gak perlu kerja lagi cuman dari dividen ia harus memiliki Rp.60.000.000 / Rp. 339,63 =  176.662 Lembar saham PTBA atau bila di bulatkan menjadi 1.767 Lot PTBA. 

Bila dengan harga PTBA di 12 Desember Rp. 2.470 / lembar saham 

Maka ia perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 247.000 * 1767 lot = Rp. 436.449.000 

Jadi dengan kamu memiliki 1.767 lot saham PTBA setiap tahunnya kamu mendapat 60jt dari dividend dan kamu sudah tidak perlu bekerja lagi karena sudah menutupi pengeluaran bulanan mu selama setahun 

Perhatikan ini kita sama sekali tidak menyentuh uang pokok yang sudah kita investasikan di saham loh. Hanya beli, duduk manis dan dapat dividen sebagai pemilik perusahaan. 

Bisa saja setelah beberapa tahun harga saham yang kita beli naik dan selain mendapatkan dividen kita juga dapat menikmati capital gain. Balik lagi tergantung strategi masing – masing investor kalau itu. 

Perlu diperhatikan untuk dividen memang sangat berpengaruh dari performa emiten di tahun buku sebelumnya. Jadi dengan melihat performa tahun ini kita dapat mengestimasi berapa dividen yang kita terima tahun depan dengan catatan emiten menetapkan Payout Ratio yang sama. 

Dengan contoh yang sama, kinerja PTBA ditahun 2019 tidak secemerlang ditahun 2018. penurunan profitnya sekitar 20% sampai Q3. Kita bisa mengestimasi berarti ditahun 2020 dividen dari PTBA adalah 80% dari 339,63 adalah 271,7. 

Dengan catatan Payout Ratio nya tetap dan kinerja Q4 mengikuti pola Q1 sampai Q3.  

Oh ya, di harga Rp. 2.470 dengan dividen Rp. 339 berarti dividen yield nya adalah 13,72% . dan di 11% bila dengan dividen Rp. 271. Sudah jauh di atas deposito bank

Kira – kira itu penjelasan mengenai cara hidup dari Dividen. Dividen sangatlah menarik untuk dijadikan passive income kamu karena benar – benar tanpa perlu dikelola. Cukup beli dan tinggal tidur uang akan masuk sendiri. 

Bila menyukai artikel pembahasan tentang investasi yuk bergabung bersama Nubie Insider dengan memasukan email di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

6 Aplikasi Wajib Dimiliki Investor Saham!

Hai! kembali lagi bersama Nubie Investor! Di artikel kali ini kita akan coba kumpulkan beberapa aplikasi yang bagus dimiliki oleh investor saham di handphone-nya! Semoga aplikasi - aplikasi ini...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Youtube Kami