Apa Itu Cryptocurrency? Pengenalan Crypto

Aug 17, 2021Cryptocurrency

Halo semuanya! Kembali lagi bersama Nubie Investor. di video kali ini kita akan bahas banyak hal seputar cryptocurrency ni atau yang lebih familiar dengan istilah bitcoin!

Apa Itu Cryptocurrency?

Pernah denger Bitcoin? Ethereum? Doge Coin? ini adalah yang sering disebut dengan mata uang digital dengan teknologi block chain atau cryptocurrency, mungkin yang paling sering kamu dengar adalah Bitcoin ya, karena Bitcoin adalah pionernya.

Ide kenapa Cryptocurrency ini lahir adalah menjadi mata uang yang terdesentralisasi, jadi segala transaksi itu langsung dari dan kepada kedua belah pihak, tanpa ada yang menjembatani seperti bank.

Contoh seperti rupiah itu ada Bank Indonesia yang menerbitkan uangnya. jadi Rupiah ini adalah uang yang tersentralisasi karena ada yang membuat regulasi dan menerbitkan.

Nah Bitcoin adalah kebalikannya, bitcoin ingin menjadi mata uang yang tidak ada regulator, jadi dari kita untuk kita dan oleh kita.

Jadi visi dari bitcoin adalah kamu nanti bisa pergi ke pasar nih dan beli tempe dengan 0.0001 Bitcoin misalnya.

Namun realitanya saat ini harga bitcoin dan cryptocurrency pada umumnya masih sangat amat fluktuatif.

Kamu bisa lihat pergerakan harga Bitcoin ini. ini adalah grafik dalam 1 hari loh. masih sangat sulit kan kalau mau transaksi sesuatu jam 9 pagi harganya 0.1 bitcoin, nanti jam 12 siang jad i 0.2 bitcoin, harganya masih terlalu fluktuatif untuk dijadikan alat tukar sehari – hari.

Maka banyak yang berkata Bitcoin adalah mata uang masa depan! Di Amerika salah satu perusahaan yang sudah bisa bertransaksi dengan Bitcoin adalah Tesla, pabrikan mobil listrik yang dimiliki oleh Elon Musk.

Itupun masih belum bisa dianggap sebagai 100% harga bitcoin, jadi harga dari mobil Tesla dari Dollar akan dikonversi menjadi Bitcoin jadi harganya akan berubah – ubah terus mengikuti pergerakan harga bitcoin, bukan fix misalnya 1 bitcoin dapat Tesla model Y paling standard.

2 Cara Untung dari Bitcoin / Cryptocurrency

Saat ini Crypto / Bitcoin lebih banyak digunakan untuk salah satu portofolio investasi / trading. Walaupun lebih kearah spekulasi ya dibanding ke investasi karena:

  1. pergerakan harganya liar sekali Plus minus 10 20 % dalam hitungan jam bahkan menit itu bukanlah hal yang asing
  2. tidak ada analisa fundamental, dll. pergerakan harga saham benar – benar atas supply demand, berita, dan biasanya ada grup – grup yang menggerakan pump atau dump, biasanya grup – grup ini ada di reddit

Oh ya untuk market Crypto itu buka 24 jam ya, tidak seperti pasar saham yang mengikut jam buka tutup Bursa Efek kalau Crypto 24 jam. maka harus siap pasang stop loss kalau kamu mau trading Crypto.

Selain dengan trading atau jual beli bitcoin kamu juga bisa untung dari mining bitcoin.

Sederhananya mining crypto currency mirip seperti ketika kamu ingin menambang emas.

  1. perbedaannya disini adalah kamu bukan menambang secara fisik tapi memecahkan teka teki yang kompleks yang hanya bisa diselesaikan dengan komputer, jadi bila komputer kamu berhasil memecahkan teka tekinya kamu akan dibayar dalam crypto tergantung kamu memecahkan teka – teki apa.
  2. semakin kuat komputer (bisa CPU atau GPU) maka semakin cepat kamu bisa menyelesaikan teka – teki maka semakin besar juga crypto yang kamu dapatkan.
  3. Hal inilah yang saat ini membuat dunia dalam kehabisan GPU karena mayoritas sudah diborong oleh para miner, karena kenaikan harga crypto yang sangat fantastis membuat kegiatan mining sangatlah menguntungkan jadi deh miner – miner borong gpu gpu ini.

Memulai Trading / Mining Bitcoin

Untuk memulai berinvestasi atau trading cryptocurrency mirip seperti saham kamu memerlukan sejenis sekuritas atau perantara, di Indonesia aplikasi yang sudah resmi berdiri dan terdaftar di regulator (bappebti) seperti Indodax.com, rekeningku.com, triv.co.id.

Untuk kegiatan memulai mining ada beberapa alternative seperti NiceHash, CudoMiner, MinerGate dan lain lain.

Nubie Investor Mining Atau Trading?

Pada awal tahun 2021 Nubie Investor mulai melihat kenaikan harga bitcoin yang sangat ekstrim kenaikannya. Kami pun penasaran dan mencari – cari tahu lebih dalam mengenai cryptocurrency

Setelah mengetahui 2 cara cuan dari crypto kami pun memutuskan untuk mencoba mining yang sederhana saja menggunakan nicehash karena setup nya yang sangat mudah jadi tidak terlalu pusing setup – setup dan trial error.

Apalagi kami memang tidak mau full time atau fokus gila – gilaan untuk mining, hanya saat waktu luang komputer kami tidak dipakai untuk kerja, nah baru digunakan untuk mining.

Kurang lebih hasilnya mendekati kok dengan estimasi kalkulator yang disajikan oleh NiceHash. Kalau kamu penasaran dengan hasil dan cara setup mining dengan nicehash komentar di bawah ya, kami coba buatkan step by step nya.

Lalu Nubie Investor investasi di crypto tidak ya?

Karena menurut kami investasi di crypto itu terlalu spekulasi dan hal itu tidak cocok dengan gaya investasi kami. jadi Nubie Investor memutuskan tidak berinvestasi dalam bitcoin.

Penutup

Kurang lebih itu mengenai pengenalan Cryptocurrency dan 2 cara cuan dalam cryptocurrency, bagaimana menurut mu? apakah kamu berminat atau sudah berinvestasi di cryptocurrency?

Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar.

Yuk bergabung dengan Nubie Insider dengan memasukan nama dan email kamu di formulir di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Youtube Kami