Analisa Ide Passive Income Dengan Metode SCRIMP

Aug 14, 2021Passive Income

Hai! Di artikel kali ini kita akan melanjuti dari artikel sebelumnya tentang Passive Income! Nubie Investor sudah merangkumnya 16 ide – ide passive income di video sebelumnya loh. jangan sampai kelewatan ya.

Baca juga 16 ide passive income

Diartikel kali ini kita akan belajar bagaimana menilai sebuah passive income apakah cocok untuk kamu dengan menggunakan framework SCRIMP!

Dengan framework atau kerangka ini kamu bisa menilai apakah sebuah passive income cocok untuk karakter kamu saat ini. Dengan mempelajari kerangka ini kamu juga dapat menilai potensi passive income lain mungkin yang kamu temui di luar sana.

Nah framework SCRIMP terdiri dari 5 bagian yaitu

SCRIMP

  1. Scalability (apakah mudah dari melayani 1 customer menjadi ratusan bahkan ribuan customer dalam waktu singkat?)
  2. Controllability & Regulation (apakah ada batasan dan ketergantungan yang dapat membatasi perkembangan passive income mu?)
  3. Investment (investasi dalam hal ini lebih ke materinya)
  4. Marketability (seberapa mudah dijual produknya)
  5. Passivity (seberapa lepas tangan kamu terhadap passive income ini bila sudah berputar roda pemasukannya)

Sekarang yuk kita sama2 diskusi menggunakan framework ini untuk produk Royalty Income:

  • Scalability sangat tinggi, karena rata – rata berbasis online. Maka dengan mudah bisa menjangkau ribuan orang.
  • Controllability & Regulation tergantung, tapi biasanya rendah kontrolnya karena bergantung dengan platform lain. Misalnya kamu membuat course di udemy. Maka ketika course kamu dianggap melawan term and condition mereka dan akhirnya dihapus, selesai deh course kamu menghasilkan uang. Atau kalau membuat aplikasi mobile, bila tiba2 menurut app store aplikasi kamu melawan TnC mereka dan harus di delisting. Selesai deh. Namun bisa juga controlnya tinggi. misalnya kamu membuat course cara mengedit foto pernikahan dan menjualnya di website pribadi kamu. tentunya control produk kamu pegang secara penuh.
  • Investment cenderung kecil bahkan bisa nihil bila kamu sudah memiliki semua keperluan yang diperlukan waktu dan tenaga yang biasanya harus kamu korbankan, contohnya bila menulis buku mungkin bisa memakan waktu bulanan hingga tahunan. Setelah menulis pun harus promosi, dateng ke event2, interview, dll, Tapi ketika buku meledak dipasaran maka pemasukan akan datang dengan sendirinya dengan usaha yang sangat minimal
  • Marketability tergantung kreativitas dan kamu mengincar market apa dan jenis income apa yang kamu buat. sekreatif apa kamu bisa berpikir adalah batas dari Royalty Income
  • Passivity bervariasi tergantung jenis royaltynya, tapi biasanya tingkat passivenya tinggi walau awalnya harus bersusah paya terlebih dahulu. Contoh lain dengan menjual foto, awalnya akan sangat sulit, perlu hunting foto, memilah fotonya, dan mengedit sehingga sempurna. Tapi ketika sudah bisa dijual dan banyak peminatnya di platform online. Kamu tinggal menikmati pemasukan secara passive

Kita ambil contoh jenis passive income lain misalnya rental income:

  • Scalability Sangat rendah. Karena rental memerlukan property fisik yang perlu dimaintain dan modalnya juga tidak kecil sangat sulit memiliki dari 1 unit property menjadi ratusan unit dalam waktu yang singkat
  • Controllability & regulation Tinggi. Karena property tersebut milik kamu, selama tidak melanggar undang – undang kamu bebas menggunakannya untuk keperluan apapun
  • Investment Sangat besar. Selain uang kamu juga perlu melakukan riset, mencari property yang baik lokasinya dan fisiknya, belum lagi untuk masalah legal, renovasi, dan mencari yang ingin menyewanya.
  • Marketabillity Tergantung. Kalau properti kamu kompetitif harusnya mudah untuk mencari penyewanya, apalagi dengan banyaknya perusahaan yang jasanya menyewakan property sebut saja seperti airbnb mamikos dapat memudahkan kamu mempertemukan dengan penyewa
  • Passivity Tinggi. Setelah urusan beres dan sudah dapat disewa maka setiap rentang waktu tertentu kamu tinggal mengumpulkan uang sewa. Namun perlu juga dilakukan maintenance dalam rentang waktu tertentu. Yang dapat kamu serahkan ke orang kepercayaan kamu bila benar2 ingin tingkat passive yang sangat tinggi.

Kurang lebih itu 5 point yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan apakah sebuah passive income kamu sesuai dengan karakteristik kamu.

Bila kamu mendapatkan peluang yang dapat menjadi sumber passive income kamu dapat menganalisanya kerangka ini sehingga membantu menilai dari 5 point tersebut apakah baik atau tidak sumber pendapatan ini.

Yuk bergabung dengan Nubie Insider dengan memasukan nama dan email kamu di formulir di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Youtube Kami