6 Aplikasi Wajib Dimiliki Investor Saham!

Aug 16, 2021Saham

Hai! kembali lagi bersama Nubie Investor! Di artikel kali ini kita akan coba kumpulkan beberapa aplikasi yang bagus dimiliki oleh investor saham di handphone-nya!

Semoga aplikasi – aplikasi ini dapat membantu aktivitasi investasi kamu ya!

Oh ya disclaimer dulu kita tidak ada endorsement atau sponsorship di video ini ya. jadi bila ada terkesan rekomendasi itu opini pribadi kami.

Yuk langsung kita masuk ke aplikasi pertama yang baik untuk kamu sebagai investor saham!

1. Aplikasi sekuritas

Sebagai investor saham tidaklah lengkap bila tidak melihat portofolio sahamnya didalam aplikasi sekuritas pilihan kamu!

Nah ini sangat banyak alternative nya nih. ini beberapa aplikasi yang biasanya cukup familiar digunakan oleh investor – investor saham.

Beberapa sekuritas atau broker yang sering kami dengar cukup banyak digunakan seperti Mandiri sekuritas, indopremier, Ajaib, BNI sekuritas, dan Mirae asset.

Bagi kami semua sekuritas itu mirip2 saja karena fiturnya saat ini sudah cukup sama. hanya perbedaannya kecil sekali misalnya fee jual belinya berbeda itu juga hanya 0.0x biasa bedanya, kemudian ada yang perlu topup pertama kali ada yang tidak perlu.

Misalnya seperti mirae asset itu perlu minimal topup 10jt, seperti ajaib itu tidak ada topup pertama kali.

Yang penting untuk kami kegunaan utamanya adalah tempat kita menjual dan membeli saham, jadi tidak perlu dipusingkan sekuritas terbaik. karena toh kalau mau pindahkan saham dari satu sekuritas ke sekuritas lain pun bisa saja, mudah dan cepat prosesnya.

2. Investing.com

Investing.com ini biasanya kami gunakan biasanya untuk melihat:

  1. berita international
  2. indexindex global sebut saja seperti S&P 500, Nasdaq, Hang seng, nikkei, dan lainnya.
  3. juga harga – harga komoditas, seperti, gas, minyak, batubara, dan lainnyya
  4. bahkan harga crypto seperti bitcoin dan lainnya juga dapat kamu lacak via aplikasi ini

Selain itu investing juga kamu bisa membuat watch list – watch list dan membuat alert bila harga sudah menyentuh harga yang kamu inginkan. saham indonesia juga dapat kamu masukan ke sini.

3. Financial Calculators

Ini aplikasi yang sangat lengkap untuk perhitungan – perhitungan masalah keuangan.

walaupun memang menurut kami tampilan aplikasinya masih dapat diperbaiki, tapi secara fitur sangat lengkap yang ditawarkan!

beberapa fitur yang menurut kami sangat berguna misalnya:

  1. compound interest, penasaran kalau kamu masukan satu juta sebulan selama 5 tahun uang kamu menjadi berapa? dengan calculator ini langsung bisa dihitunga otomatis jadi berapa investasi kamu.
  2. lalu ada loan calculator, kalau kamu mau coba hitung hutang dengan bunganya berapa kamu akan dapat gambaran kasar berapa cicilan yang harus kamu bayar.
  3. bisa hitung Kredit Pemilikan Kendaraan, calculator normal, pembayaran minimal kartu kredit dan lainnya, banyaaakk banget hitung – hitungan yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini!

4. Rti Bisnis

RTI bisnis ini mungkin salah satu aplikasi yang paling lengkap untuk data – data emiten – emiten di Indonesia.

Misalnya kamu mau lihat berapa ihsg saat ini, berapa dividend dari sebuah emiten sampai 4 tahun ke belakang dengan mudah kamu dapat akses, bagaimana kondisi finansial perusahaan, aksi korporasi yang dilakukan perusahaan, juga disajikan dalam RTI Bisnis.

Watch list juga dapat memudahkan kamu melihat sahamsaham yang sedang menjadi incaran kamu. salah satu yang Nubie Investor suka adalah fitur News dari aplikasi RTI, jadi kamu bisa dengan mudah membaca berita yang sudah disaring sesuai dengan emiten yang kamu sedang analisa.

5. Stockbit

Stockbit sederhananya adalah sebuah sosial media bagi investor saham.

Halaman home dari stockbit adalah stream seperti timeline dimana orang bisa membuat post yang dapat dibaca oleh seluruh pengguna stockbit.

Kalau kamu ingin memiliki tempat bertukar pikiran dunia investasi stockbit dapat menjadi salah satu alternative walaupun tetap berhati2 keputusan investasi harus tetap kamu yang menentukan ya.

Selain itu stockbit juga memiliki fitur seperti fitur insider dimana kamu bisa melihat pembelian atau penjualan yang besar nilainya, contoh ini kamu bisa lihat Lo Kheng Hong beli saham PTRO nih.

Selain itu bila kamu seorang trader dan belum percaya diri dengan menggunakan uang pribadi Stockbit juga menyediakan akun untuk virtual trading secara gratis, jadi kamu akan dimodalin 100jt virtual bisa kamu jual belikan deh dengan pergerakan harga beneran!

Stockbit juga ada akun yang pro berbentuk subscription dengan fitur yang lebih lengkap. kamu bisa coba kunjungi StockBit untuk mempelajari lebih dalam ya

6. Trading view

Aplikasi terakhir ini sangat cocok untuk para investor saham yang menggunakan analisa teknikal!

Banyak sekali chart yang dapat dihasilkan di trading view, indikator – indikator, garis – garis, gambar menggambar dapat dengan sangat mudah diterapkan di kanvas yang disediakan oleh tradingview.

Walaupun memang lebih nyaman bila diakses di komputer atau laptop karena keterbatasan area kanvas di mobile. tapi dapat menjadi alternative kamu bila sedang ingin akses ke chart – chart yang sangat lengkap dan bisa dikostumisasi dengan sangat bebas!

Kalau kamu perhatikan TradingView ini banyak juga loh digunakan diaplikasi – aplikasi mobile lain saat menajikan pergerakan harga saham.

Jadi daripada hanya akses sebagian kecil fitur yang ditawarkan dari aplikasi lain lebih baik bila memang ingin melakukan analisa – analisa langsung diaplikasi Trading View!

Penutup

Itulah kurang lebih 6 aplikasi wajib investor saham yang dapat melengkapi koleksi aplikasi di handphone kamu!

Semua aplikasi ini gratis dan bisa langsung kamu download!

Semoga aplikasi – aplikasi ini dapat membantu mempermudah dan memperlengkapi kamu sebagai seorang investor saham!

Sekarang Nubie Investor mau tau dong apa sih aplikasi favorite kamu sebagai investor saham? Yuk komentar di bawah agar bisa saling sharing juga dengan sesama investor!

Yuk bergabung dengan Nubie Insider dengan memasukan nama dan email kamu di formulir di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

Arti Saham Terdilusi dan Contohnya

Halo semuanya! kembali lagi bersama Nubie Investor. di video kali ini kita akan belajar tentang akibat dari aksi korporasi yang dapat mengubah kepemilikan saham kamu, yaitu saham yang terdilusi!...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami