5 Tips Cara Mengelola Uang Dari Konglomerat Asia, Li Ka Shing!

Aug 10, 2021Mengelola Uang, Tokoh

Halo semuanya! Hari ini kita akan belajar dari seorang konglomerat di dunia bahkan di asia, yuk kita pelajari biography singkat Li Ka Shing:

  • Lahir di July 29, 1928 Chaozhou in Guangdong province, China
  • kekayaan 31,7 Milyar Dollar
  • biasa disebut Superman, Li Ka-shing adalah salah satu pebisnis yang sangat berpengaruh di Asia.
  • Li terkenal dengan reputasinya hidup dengan sederhana, walaupun kekayaannya yang sangat banyak, ia terbiasa menggunakan jas hitam sederhana, sepatu hitam, dan jam Seiko yang standard
    • Kekayaan Li kalau dibelikan jam tangan Seiko itu bisa untuk 317 juta jam! Bahkan 1 Indonesia dibagiin 1 1 jam juga belum habis uangnya Li.
  • saat ini Li Ka Shing menjadi senior advisor untuk CK Hutchison Holdings, perusahaan yang ia bangun dan adalah salah satu perusahaan Konglomerat multinational yang ada di Hongkong. Bisnisnya bergerak di properti, pelabuhan, telekomunikasi dan internet.
  • Li Ka Shing juga sangat aktif dalam dunia Filantropi, Ia membangun The Li Ka Shing Foundation (李嘉誠基金會), organisasi filantropinya ini adalah organisasi private terbesar kedua yang dipimpin oleh individu di dunia, hanya kalah dari Bill & Melinda Gates Foundation.
    • Li ka Shing menganggap organisasinya adalah anak ke 3 nya, sehingga ia akan mendonasikan sepertiga kekayaannya ke organisasi ini
    • sejauh ini ia sudah mendonasikan sekitar US $1.86 Milyar

Bagaimana Li Ka Shing Mengatur Keuangannya?

Yuk belajar 5 tips pembagian pemasukan dan mengelola keuangan ala Li Ka Shing konglomerat asal Hongkong ini.

1. Kantong untuk operational keseharian (30% porsi pendapatan)

Hiduplah sederhana. Makan yang bergizi, ga perlu yang mahal – mahal apalagi makan direstoran bintang – bintang. Ada saatnya nanti kamu bisa menikmati gaya hidup yang lebih tinggi.

Kantong ini juga termasuk tempat tinggal, misalnya kos – kosan, atau kontrakan, transportasi, dan lainnya

2. Traktir temen yang lebih pintar dan perluas circle pertemanan lu (20% porsi pendapatan)

Ajaklah setiap bulan 2 orang untuk makan siang atau malam dan bayarin mereka. Inget ya bayarin mereka! Sampai Li Ka Shing memberikan kantong khusus untuk hal ini karena sangat penting.

Pertanyaannya orang seperti apa yang kamu traktir? Orang yang lebih bijak, lebih kaya, atau orang yang sudah berjasa dalam kehidupan kamu. pastikan mengajak orang yang bekerja lebih keras dan punya mimpi yang setidaknya sama atau lebih besar dari kamu!

Lakukan ini terus menerus dan lingkaran pertemanan kamu akan berkembang terus dan akan menghasilkan dividen yang tidak ternilai dimasa depan.

3. Belajar investasi leher ke atas, Upgrade skill (15%)

Jangan pernah puas untuk belajar, tambah terus pengetahuan yang kamu miliki.

Bisa dari apa saja? Di dunia modern ini banyak sekali tempat kamu bisa beli buku, ikut seminar, ikut workshop, join online course kaya udemy.com.

Yang ga kalah penting, kalau kamu belajar suatu hal coba sharing ke teman – teman terdekat kamu, karena selain akan meningkatkan pemahaman kamu mengenai ilmu yang baru kamu pelajari, kamu juga akan menciptakan lingkungan yang positive dan teman kamu dapat sharing juga pengetahuan yang baru mereka pelajari.

4. Travelling overseas (10% porsi pendapatan)

Beri hadiah untuk dirimu sendiri dengan berpergian ke luar negeri setidaknya setahun sekali (tentunya setelah pandemi selesai ya).

Menurut Li Ka Shing, dengan berjalan – jalan ke luar negeri, kamu dapat terpapar dengan dunia dan meningkatkan pengalaman kehidupan kamu. Dengan bertemu banyak jenis orang, bertemu dengan tradisi dan cara pandang orang – orang yang berbeda tiap negara akan mengubah perspektif kehidupan kamu.

5. Investasi (25% porsi pendapatan)

Kantong terakhir baru kantong investasi, goalnya adalah untuk jangka panjang. Pergemuk tabungan yang kamu miliki, hingga suatu saat mungkin uang tabungan kamu dapat bisa dijadikan modal usaha kecil.

Selain itu tabungan yang gemuk dengan dana darurat yang sudah siap juga dapat menjadi persiapan untuk tabungan pensiun kamu loh.

Tips Tambahan

Cari kerja dibidang sales karena susah! Melatih juga buat lebih berkembang belajar, skill menjadi sales adalah hal yang menantang, tapi sales adalah skill yang krusial dan akan terpakai sepanjang usia mu. Kamu harus punya kemampuan untuk menjual mimpi, ide, dan visi.

Dengan melatih skill sales kamu akan dapat membedakan apa barang atau jasa yang kira – kira dapat laku terjual, apa yang bisa menjadi sukses atau tidak.

Penutup

Kurang lebih itu mengenai tips mengelola uang menurut Li Ka Shing konglomerat asal Hongkong! Dengan membagi ke dalam 5 kantong Li Ka Shing memberikan tips untuk kamu terus bertumbuh dan jangan pernah puas dengan keadaan kamu saat ini.

Perlu diingat untuk ini hanya pembagian menurut Li Ka Shing, tentunya latar belakang kamu berbeda jadi perlu di sesuaikan lagi dengan kebutuhan kamu ya!

Share artikel ini ke teman – teman kamu dan bisa juga subscribe ke Nubie Insider di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Youtube Kami