5 Tingkat Kekayaan Kebebasan Finansial Ala Tony Robbins

Oct 2, 2021Passive Income, Tokoh0 comments

Kalau kamu pernah bertanya – tanya bebas secara finansial itu apa sih?

Gimana cara mencapainya ya?

Apakah ada tingkatan tingkatan yang harus kita lalui sebelumnya?

Nah artikel ini cocok banget untuk kamu karena kita akan bahas 5 tingkat kekayaan yang dibuat oleh seorang motivator ternama dunia yaitu Tony Robbins untuk akhirnya mencapai kebebasan secara finansial!

https://www.youtube.com/watch?v=zYpRfaXszUo

Nah 5 tangga ini kami pelajari dari buku Money Master The Game karya Tony Robbins. Kamu bisa baca lebih lanjut dibuku ini karena dibahas dengan lebih dalam ya

Sebelumnya yuk kita pelajari sebetulnya apa sih kebebasan secara finansial itu?

Kebebasan Secara Finansial

Menurut Tony Robbins kebebasan finansial adalah memiliki kestabilan untuk melakukan hal yang kamu MAU tanpa harus mengkhawatirkan isi rekening kamu.

Dengan memiliki kebebasan finansial kamu dapat jalan – jalan ke bali, dapat membeli rumah yang kamu impi – impikan, dan tetap memiliki tabungan untuk mengejar minat kamu yang lain.

Walaupun bebas secara finansial identik dengan pensiun dalam tanda kutip, bebas secara finansial lebih dari itu.

Dengan meraih bebas secara finansial kamu dapat mencari apa makna dan tujuan hidup kamu dengan tetap memiliki uang yang cukup ditabungan sehingga tidak pusing dengan tagihan – tagihan atau cicilan – cicilan.

Setelah kita sudah menyamakan arti kebebasan finansial yuk kita masuk ke 5 tingkat kekayaan menuju kebebasan finansial yang Tony Robbins bagikan untuk mencapai kebebasan finansial yang mutlak!

5 Tingkat Kekayaan

Dalam setiap tingkat kekayaan ini ada pencapaian yang menjadi tolak ukur untuk kamu sudah tiba disebuah tingkat. Nah untuk lebih mendapatkan gambaran nanti setiap levelnya kita akan ada ilustrasi pengeluaran dari pak Steven.

Tentunya angka akan sangat beragam kamu bisa coba otak atik sendiri sesuaikan dengan pengeluaran kamu ya!

Tingkat pertama adalah:

1. Financial Security

Bayangkan pak Steven memiliki pengeluaran:

  1. cicilan KPR: 2jt / bulan
  2. biaya makan: 2 jt / bulan
  3. listrik, gas, air, internet: 1jt / bulan
  4. transportasi: 1jt / bulan
  5. asuransi: 500rb / bulan

Nah di level pertama kekayaan menurut Tony Robbins pendapatan passive kamu baik dari bisnis yang tidak menyita waktu, atau pendapatan dari investasi harus sudah menutupi semua pengeluaran – pengeluaran di atas.

misalnya kita gunakan sebuah produk investasi yang aman dan dijamin negara yaitu obligasi negara ritel seri 19 dengan kupon 5.57%

berarti dengan total pengeluaran 6.5jt / bulan, bila disetahunkan berarti 78 juta. untuk masuk ke tingkat financial security Pak Steven perlu mengumpulkan uang sebesar 78jt / 5.57% yaitu sebesar 1.4 milyar Rupiah.

Jadi bila mengumpulkan 1.4 milyar dan dimasukan ke dalam ORI 19 maka pak Steven sudah tidak perlu pusing dengan pengeluaran pokok bulanannya lagi karena sudah terpenuhi hanya dari hasil investasi bulannya di ORI19!

Tentunya ini bila pak Steven benar – benar mengandalkan pendapatan passive dari hasil investasi, bila misalnya pak Steven punya kamar kosong dan disewakan sebulannya 500rb Rupiah, maka beban pengeluaran yang perlu ditanggung dari investasi hanya 6jt Rupiah yang disetahunkan 72jt dan bila dibagi 5.57% berarti 1.292 Milyar Rupiah.

Memang kita perlu sadar ini bukanlah angka yang kecil bagi seseorang dengan pengeluaran 6jutaan sebulan untuk bisa mengumpulkan uang hingga milyaran rupiah, tapi fokus kita bukan disitu, tapi ditujuan masa depan yang bisa kita raih.

Yuk kita lanjut ke level kedua kekayaan menurut Tony Robbins

2. Financial Vitality

Dilevel kedua yaitu Financial Vitality, bila pengeluaran yang dihitung dalam level Financial Security hanya pengeluaran pokok, dalam Financial Vitality kita mulai memikirkan kesenangan kita dan kenyamanan kehidupan kita.

ditahap ini kita perlu menghitung hal – hal seperti:

  1. belanja pakaian: 1 jt / bulan
  2. kebutuhan jalan – jalan: 2jt / bulan
  3. nonton, makan di restoran: 2jt / bulan
  4. hobi: 2jt / bulan

Nah ditahap Financial Vitality kita menghitung separuh dari total biaya senang – senang bulanan kita.

jadi bila dengan simulasi yang sama seperti di atas berarti 7jt / bulan kita tinggal bagi menjadi 2, 3.5 jt perbulan jadi ditambah dengan pengeluaran di financial security yaitu 6.5jt berarti ditahap ini pak Steven memerlukan 10jt rupiah perbulan dari hasil investasinya.

Berarti bila menggunakan produk investasi yang sama yaitu ORI19 10jt / bulan dikali 12 untuk setahunnya dibagi 5.57 % adalah 2.154 Milyar Rupiah untuk pak Steven bisa mencapai di level kedua yaitu Financial Vitality.

Yuk kita masuk ke tahap berikutnya yaitu level ke 3 tingkat kekayaan

3. Financial Independence

Ditingkat ini artinya pendapatan passive kita baik dari hasil investasi atau dari bisnis yang tidak memerlukan keberadaan kita sudah bisa menutupi gaya hidup kita saat ini sama seperti saat kita bekerja.

jadi hasil investasi kita sudah bisa menutupi gaya hidup sama percis seperti saat ini

Jadi bila melanjutkan dari contoh pengeluaran pak Steven di tahap ini pak Steven sudah mendapatkan hasil investasi 13.5 juta perbulan yang bila disetahunkan adalah 162jt, bila dengan produk investasi yang sama yaitu ORI19 maka pak Steven perlu mengumpulkan 162jt dibagi 5.57% yaitu sebesar 2.908 milyar

Yuk lanjut ditahap ke empat tangga kekayaan menurut Tony Robbins adalah..

4. Financial Freedom

level ke 4 adalah kondisi keuangan dimana kita memiliki investasi yang sudah banyak dan relatif aman atau pendapatan tanpa kita harus bekerja, yang hasilnya mencukupi kebutuhan hidup yang kita inginkan.

Jadi misalnya bila di level Financial Independence Pak Steven sudah bisa menikmati gaya hidup dengan 13.5 jt perbulan, di level ini adalah gaya hidup seperti apa yang ia inginkan ke depannya.

Misalnya ia ingin dengan gaya hidup 50juta sebulan, maka dengan cara berpikir yang sama kita perlu mencari produk investasi yang dapat memberikan 50 jt perbulan atau 600jt setahun.

bila misalnya dengan ORI19 juga berarti 600jt dibagi 5.57% berarti 10.7 milyar Rupiah!

Sekali lagi angka ini sudah pak Steven sendiri dan kamu yang menentukan. untuk contoh disini juga tidak mungkin karena untuk pembelian ORI hanya dibatasi di 3 milyar perindividu

5. Absolute Financial Freedom

level terakhir adalah sebuah kondisi keuangan dimana investasi, bisnis yang tidak perlu ada kita, atau pendapatan passive sudah sangat banyak sehingga dengan yakin kita dapat memenuhi:

  1. melakukan apapun yang kita inginkan
  2. kapanpun kita inginkan
  3. kemanapun kita inginkan
  4. dengan siapapun kita inginkan
  5. sebanyak dan selama yang kita inginkan

Ini adalah tingkat terakhir dalam 5 tingkat kekayaan menurut Tony Robbins

Itulah 5 level kekayaan menurut Tony Robbins untuk mencapai kebebasan finansial. Bila terlihat perjalanannya masih sangat jauh dan terkesan sangat sulit, tidak masalah yang penting kita sudah tahu nih tujuan akhirnya seperti apa yaitu kebebasan.

Bagaimana dengan kamu nih? Berapa angka target kebebasan finansial kamu?

Yuk sharing di kolom komentar bawah agar kita bisa sama2 belajar satu dengan yang lain ya!

Akhirnya jangan lupa untuk subscribe dengan memasukan nama dan email kamu di form di bawah! Untuk mendapatkan update seputar keuangan dan pembelajaran seputar investasi, review buku dan lain sebagainya ya!

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami