5 Ciri Perusahaan Yang Disukai Warren Buffet (Economic Moat)

Aug 12, 2021Investasi, Saham, Tokoh

Hai! Diartikel ini kita akan belajar salah satu faktor penting bagi Warren Buffett dalam menentukan apakah sebuah perusahaan layak diinvestasikan atau tidak.

Poin – poin ini dipopulerkan oleh Buffet dan menjadi syarat penting perusahaan yang diinvestasikan oleh Buffett, faktor ini adalah Moat atau Competitive Advantage! 

Oh ya Nubie Investor dapat informasi economic moat ini dari buku Invested karya Danielle Town dan Phil Town.

Moat adalah selokan besar dari abad pertengahan yang mengeliling kastil, benteng, atau kota, yang berfungsi sebagai pelindung agar mempersulit serangan musuh atau akses masuk ke dalam. 

Sama seperti Moat, Economic Moat adalah perlindungan sebuah perusahaan untuk menjaga kekayaan perusahaan dalam hal ini untuk long-term profits dan market share bisnis. 

Moat adalah analisa yang subjective setiap Investor, dalam satu perusahaan tiap investor bisa memiliki pandangan tentang moat nya, bahkan bisa mengganggap tidak memiliki moat atau moat yang kecil (tidak signifikan).  

Nah hari ini kita akan bahas 5 jenis Economic Moat untuk membantu kamu menseleksi dan semakin yakin dengan perusahaan yang kamu akan investasikan 

1. Brand 

“Mba Aqua-nya 1 ya” 

Penjaga pun akan memberikan kamu air minum botol, yang uniknya dikasih Le Mineral, Vit, Ades, ato merk lainnya selama masih air minum botol kamu pasti akan tetap ambil juga kan? 

Ini adalah contoh Moat Brand yang sudah sangat kuat dan akan sangat sulit bagi kompetitor untuk membuat brand yang sama kuatnya.  

Saking kuatnya sebuah brand bahkan sudah tidak disebut produknya (air mineral) tapi disebut adalah merk/brand nya. 

Coba sekarang Nubie Investor mau tanya, apa merk yang pertama kali kamu ingat bila Nubie Investor sebut produk ini: 

  1. Kecap
  2. Pasta Gigi
  3. Deodoran
  4. Sabun Cuci Piring
  5. Sabun Bayi

Nubie Investor yakin mayoritas kamu pasti akan terbayang merk – merk ini:

  • Kecap = Bango
  • Pasta Gigi = Pepsodent
  • Deodoran = Rexona
  • Sabun Cuci Piring = Sunlight
  • Sabun Bayi = Zwitsal

Ini salah satu ciri – ciri dari Brand yang kuat karena sudah menjadi Top of Mind dari customernya. Oh ya kamu bisa loh menjadi pemilik brand – brand tersebut karena brand tersebut di bawah naungan Unilever dengan ticker UNVR di pasar saham

2. Switching 

Bagi yang perokok atau yang memiliki teman perokok, coba nubie investor mau tanya mudah atau sulit untuk ganti – ganti ke rokok yang tidak biasa kamu konsumsi? 

Biasanya perokok akan memiliki satu preferensi dalam rokok yang dia nikmati dan akan enggan untuk pindah ke jenis lain karena merasa sudah “cocok”. 

Ini adalah contoh dari Moat Switching dimana untuk pindah ke kompetitor akan sangat sulit karena biaya, merepotkan, atau bahkan menyakitkan. 

Sehingga customer akan enggan, susah dan males sekali untuk pindah ke kompetitor 

Contoh lainnya seperti pemasangan kabel internet atau tv ke rumah. Untuk mengganti akan sangat merepotkan dan akan mengeluarkan biaya lagi. 

Tapi bila service yang diberikan lebih buruk daripada kompetitor, pada satu titik customer akan rela untuk pindah juga walau dengan kesulitan yang akan dilalui. 

Pengalaman Nubie Investor sendiri yang sudah pakai salah satu penyedia layanan internet kabel di rumah selama tahunan, walau sudah beberapa kali mati tapi karena males dan repot untuk pindah provider ya di sabar in aja. 

Sampai akhirnya 6 hari berturut2 internet dan tv mati, memaksa kami untuk pindah ke provider lain juga, walau harus repot seharian urus pencabutan dan pemasangan provider baru. 

Jadi tetap penting untuk menjaga kualitas service dan produk dari perusahaan walau sudah memiliki Moat ini. 

3. Toll bridge 

Maksudnya adalah ketika sebuah perusahaan memiliki monopoli atau mendekati monopoli dalam suatu bidang usaha. Biasanya ada dukungan regulasi pemerintah dalam menjalankan kegiatannya. 

Contoh seperti jalan tol di Indonesia, apakah ada perusahaan swasta yang bergerak dibidang tol? Ada, Bukan berarti perusahaan lain ga bisa bangun jalan tol, tapi untuk membuat jalan tol tidaklah mudah dan biayanya juga yang tidak sedikit 

Contoh lainnya seperti gas, kalau mau beli gas tentunya kita akan beli dari Perusahaan Gas Negara. 

4. Secrets 

Bagi perusahaan obat – obatan sebuah resep obat adalah rahasia perusahaan yang harus dilindungi dari perusahaan lain agar tidak meniru. 

Perlindungan dapat berupa patent atau justru tidak mematenkannya agar resep tidak dipublikasikan dan menyulitkan perusahaan lain untuk melakukan reverse engineering untuk rahasia perusahaan tersebut. 

5. Price 

Harga adalah salah satu penghambat kompetitor untuk masuk mengambil market share perusahaan. 

Bila perusahaan memiliki sumber bahan baku yang lebih murah, operational yang lebih efisien sehingga dapat menekan biaya dan setidaknya menghambat kompetitor untuk berkembang atau masuk ke market share perusahaan. 

Selain 5 hal di atas ada juga yang disebut sebagai soft moat dimana moatnya tidak terlihat secara langsung harus dengan melihat lebih dalam perusahaannya. 

Misalnya soft moat seperti anggota direksi dan komisaris yang luar biasa kompeten atau kultur perusahaan yang baik, dan operational yang efisien. Astra Indonesia dapat menjadi salah satu perusahaan dengan Moat ini. 

Kurang lebih ini 5 category Economic Moat atau competitive advantage yang sangat penting menjadi pertimbangan dalam menentukan perusahaan apakah layak untuk kamu investasikan atau tidak. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan bila mau mendapat artikel – artikel langsung ke dalam email kamu bisa masukan nama dan email kamu di formulir di bawah untuk bergabung dengan Nubie Insider ya!

Artikel Terbaru Lainnya

6 Aplikasi Wajib Dimiliki Investor Saham!

Hai! kembali lagi bersama Nubie Investor! Di artikel kali ini kita akan coba kumpulkan beberapa aplikasi yang bagus dimiliki oleh investor saham di handphone-nya! Semoga aplikasi - aplikasi ini...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami