16 Ide Passive Income / Menghasilkan Uang Tanpa Kerja

Aug 13, 2021Passive Income

Hai! Kembali lagi bersama Nubie Investor. Di artikel kali ini kita akan belajar hal yang sangat penting bagi masa depan yaitu passive income!

khususnya kita akan membahas yaitu 4 jenis passive income dan 16 ide yang bisa kamu miliki agar bisa menghasilkan passive income!

Nubie Investor merangkumkan jenis – jenis ini dari buku Passive Income, Aggressive Retirement karya Rachel Richards, kamu bisa mempelajari lebih dalam dengan membaca buku ini ya!

Ide besar dari buku ini adalah kita harus bisa memisahkan waktu dan kemampuan kita untuk menghasilkan uang. Karena selama kita harus menukarkan waktu dengan uang kita tidak akan bisa bebas mengerjakan hal apapun yang kita inginkan atau biasanya disebut sebagai pensiun.

Pensiun dalam buku ini bukanlah berarti tidak bekerja sama sekali, seperti tidur makan saja seharian. Tetapi, bisa dengan leluasa menggunakan waktu untuk hal yang kita sukai, seperti mengembangkan hobby, membantu orang lain, menjalani purpose atau tujuan hidup kita, atau tetap bekerja sekalipun.

Dengan kata lain kamu bekerja karena memang menginginkan / menyukainya, bukan karena sebuah keharusan untuk bisa menutupi pengeluaran kamu.

Targetnya? Passive income kamu haruslah bisa menutupi pengeluaran bulanan kamu. Bila sudah tercapai maka kamu sudah bisa dengan mantap tidak perlu bekerja lagi atau pensiun! Hore

Tapi perlu digaris bawahi dalam membangun passive income kita harus membutuhkan modal. Nah modalnya itu terbagi menjadi 2, pertama adalah uang, kemudian yang kedua adalah waktu dan usaha.

Jadi semua passive income memerlukan modal untuk pertama kali membangunnya, bila kamu berharap seperti menjentikan jari langsung dapat menghasilkan uang tanpa usaha adalah sebuah kesalahpahaman dalam mengartikan passive income.

Tetapi kabar baiknya, setelah aliran kas sudah mulai masuk, roda passive income sudah mulai berputar, pekerjaan yang perlu kamu lakukan sangat amat minimal!

Nah penasaran? Yuk kita sama2 belajar 4 kategori dan 16 ide passive income yang bisa kita bangun untuk bisa secepatnya mencapai pensiun kita!

1. Royalty Income

Harus meluangkan waktu dan tenaga untuk bisa mulai berputar roda passive incomenya. paling cocok untuk yang baru memulai karena biasanya tidak memerlukan modal uang yang besar diawal.

Ide besarnya kita membuat sebuah produk, bisa fisik atau digital (lebih ideal digital), kita menjualnya dalam sebuah platform dan kita bisa mendapatkan pemasukan dari hasil penjualan yang dibantu platform tersebut. Contoh royalty income seperti:

  1. Ebook (seperti contoh service seperti kindle direct publishing, google play books, maka buku kamu bila lolos akan masuk dalam penjualan platform tersebut)
  2. Photo (bagi yang suka foto grafi dapat menjualnya seperti di shutter stock)
  3. Video (video footage, istock)
  4. Audio (EnvatoMarket)
  5. Template (invitation undangan, coding, worksheets, contohnya di envatomarket)
  6. POD (Print on Demands, hanya perlu design dan tidak perlu modal, yang paling mudah mendesign kaos seperti di tees.co.id)
  7. Online course (kamu punya ke ahlian tertentu? buat saja pelatihan online, kamu bisa menggunakan platform seperti udemy atau membuat plaform website sendiri)
  8. Software misalnya bisa berupa applikasi mobile.

2. Portfolio Income

Berbeda dengan royalty income dengan portofolio income tingkat passive dari pemasukannya sangat tinggi, bahkan hampir sama sekali tidak ada yang perlu kita lakukan, tapi memerlukan modal uang yang tidak sedikit untuk bisa mulai menggerakan roda passive income.

contoh dengan deposito 10jt rupiah dengan bunga 4% setiap bulan kita mendapat sekitar 26rb, sangat minim efeknya bila dalam angka yang kecil.

Beberapa contoh portofolio income seperti:

  1. Dividend income. Kita sudah pernah membahas lebih lanjut tentang pensiun dengan dividend bisa ditonton lebih lanjut di artikel di bawah ini ya. dasarnya kita memilih perusahaan yang rutin dengan dividen yang besar atau dividen yang terus bertumbuh setiap tahun
  2. Obligasi / surat utang. Contohnya obligasi yang paling aman yaitu obligasi yang diterbitkan oleh negara. dengan kita memberikan utang kepada negara kita diberikan imbalan berupa bunga / kupon dalam rentang waktu tertentu
  3. Deposito. Simpan uang di bank dalam bentuk deposito, akan dapat bunga perbulan
  4. Reksadana. Mempercayakan uang kita pada perusahaan profesional yaitu manager investasi untuk mengelola uang kita
  5. Peer to Peer lending. Meminjamkan uang kepada individu atau badan usaha, karena resikonya lebih besar biasanya bunganya pun lebih besar dibanding portofolio income yang lain

Pelajari lebih lanjut tentang Dividen Investing

3. Iklan

Kita membangun sebuah platform dengan banyak follower / view / subscriber dan mengijinkan orang lain untuk meletakan iklan pada platform kita sebagai timbal baliknya kita akan mendapatkan bayaran.

Contoh membangun platform seperti website, aplikasi mobile, akun di social media, bahkan youtube juga adalah salah satu platform iklan.

Beberapa contohnya seperti:

  1. Advertising. Bila kamu punya 1jt follower di ig tidak heran bila orang akan mau bayar kamu untuk mempromosikan produk mereka bukan?
    • kurang lebih seperti itu memanfaatkan plaform yang kita miliki untuk membangun passive income.
    • google adsense adalah salah satu pemain besar untuk me-monetize platform yang kamu miliki baik berupa website, channel youtube, atau aplikasi mobile. biasanya dalam adsense kamu dibayar dalam satuan seribu tayang atau berapa banyak klik
  2. Affiliate marketing. Berbeda dengan advertising dimana perhitungannya biasanya per-post, per-click, per seribu tayang.
    • Dalam affiliate marketing kamu bertindak seakan2 sebagai sales dari sebuah produk. jadi kamu akan dibayar bila ada transaksi yang terjadi dan kamu mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. contoh marketplace untuk affiliate marketing seperti ratakan.com

4. Rental Income

Menyewakan property yang kita miliki. Dengan kemajuan zaman kita juga bisa menggunakan teknologi seperti Airbnb atau Mamikos untuk membantu mencari penyewa property yang kita miliki. tentunya memiliki sebuah property bukanlah dengan modal yang kecil

Ini passive income yang tidak perlu penjelasan terlalu panjang, dengan memiliki sebuah property kamu dapat menyewakannya untuk mendapatkan uang dari uang sewa property tersebut.

Kurang lebih itu 4 kategori besar dalam menghasilkan passive income! Perlu diingat pasive income adalah pemasukan yang datang dengan memerlukan investasi berupa waktu atau uang untuk membangunnya di awal. Bukan serta merta turun dari langit kita memiliki passive income.

Bagi kamu yang ingin memulai dapat memulainya dengan royalty income karena bila kamu perhatikan banyak hobi yang bisa menjadi passive income loh. suka fotografi? jual license fotonya. bisa menjahit barang2 lucu? buat course menjahit. jago koding? buat aplikasi atau game mobile misalnya.

Tiap kategori juga memiliki karakteristik masing2. bagi portofolio income deposito misalnya. sama sekali tidak ada pekerjaan yang perlu dilakukan. tinggal setor uang sudah beres, kita setiap bulan bisa terima passive income tergantung modal yang kita setor terlebih dahulu.

bagi kamu yang ingin membangun royalty income misalnya ebook. perlu ada hal yang dikerjakan secara berkala misalnya hadir jadi bintang tamu dalam sebuah acara untuk promosi buku, walau sifatnya tidak akan memakan waktu sebanyak ketika proses menulis buku tersebut atau misalnya rental income perlu meminta uang sewa terhadap tenant yang menyewa tempat kita yang sebetulnya bisa dapat diwakilkan pihak ketiga.

Nubie Investor sendiri sedang membangun passive income dalam kategori ads khususnya Youtube channel yang temen2 bisa tonton disini. Karena menurut kami ketika bisa belajar hal baru dan bisa membagikannya untuk temen – temen semua, sambil mendapatkan passive income dari iklan yang muncul di youtube channel ini adalah hal yang sangat membahagiakan.

Apalagi kalau temen2 bisa belajar hal baru dan terbantu dari video – video dan artikel Nubie Investor. selain itu juga pelan – pelan kami membangun passive income dari portofolio income. Membeli saham dan menabung secara rutin setiap bulannya.

Kami memang tidak membahas detail satu – persatu karena videonya akan menjadi terlalu panjang dan kami pun juga tidak ada pengalaman disemua bidang tersebut. jadi saran kami bisa melanjutkan dengan membaca buku tersebut atau riset lebih dalam bidang yang temen2 ingin bangun passive incomenya ya!

Yuk bergabung dengan Nubie Investor insider dengan memasukan nama dan email kamu dikolom formulir di bawah ini ya!

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Youtube Kami