10 Tips Hidup Dengan Filosofi Teras | Filosofi Stoicism

Jan 19, 2022Personal Development

Secara sederhana Stoicism adalah filosofi hidup yang memaksimal emosi positive dan mengurangi emosi negatif untuk menjalani hidup dalam versi terbaik yang bisa seorang individu capai.

Setiap saat dan situasi dalam kehidupan filosofi Stoa memberikan kerangka untuk fokus terhadap hal yang benar – benar penting, langkah serta kerangka sederhana bereaksi terhadap sebuah peristiwa.

Dalam video ini Nubie Investor coba merangkumkan 10 tips filosofi Stoa / filosofi teras dalam 10 aspek kehidupan yang bisa langsung kamu terapkan dalam keseharian kamu.

Mulai dari pekerjaan, kekayaan, menghadapi masalah, berbicara, tragedi, menerima kritik, berhadapan dengan orang yang ‘ribet’ dan lain sebagainya!

Yuk kita langsung masuk ke aspek pertama yang bisa kita terapkan dengan filosofi stoicism yaitu dalam Kekayaan

Kekayaan

Kekayaan identik dengan mobil baru lagi, uang lebih banyak lagi, kemewahan lebih banyak lagi!

Coba kita ubah sudut pandangmu terhadap kekayaan. Kekayaan bukanlah sesuatu dari apa yang kamu tidak miliki, tetapi dari apa yang kita tidak perlukan.

Kekayaan yang utuh dapat kamu dapatkan dari menginginkan lebih sedikit bukan memiliki lebih banyak.

Dengan menetapkan batas cukup kamu dan tidak menginginkan yang lebih lebih lebih lagi adalah jalan menuju ke kekayaan

Kontrol

Tidak semua hal dapat kita kontrol dalam hidup, cuaca, emosi orang lain, siapa pemimpin negara, bencana alam, dan lainnya.

Tapi disisi lain ada hal yang dapat kita kontrol, fokus lah terhadap hal yang dapat kita kontrol atau ubah daripada hal yang membuat kita kehilangan kebahagiaan kita.

Rahasia dari kebahagiaan adalah kemampuan untuk bisa membedakan mana hal yang dalam kuasa kita untuk kita ubah (kontrol) dan hal yang tidak bisa kita kontrol.

coba tanyakan pada dirimu. “Apakah saya ada kemampuan untuk merubahnya?” kalau jawabannya ya usahakan hal tersebut, kalau tidak move on lah.

Catatan penting adalah walaupun sesuatu kita tidak bisa kontrol tapi ada 1 hal yang selalu dapat kita kontrol yaitu respon kita terhadap keadaan / kejadian tersebut.

Contoh ketika kebanjiran, kamu dapat memilih mau menggerutu dan marah2 sendiri yang akhirnya merenggut kebahagian dan sukacita kamu atau kamu dapat enjoy dan menikmati banjir.

Walaupun keadaan memang tidak berubah: “Kita kebanjiran” dengan memilih untuk tetap bahagia kamu dapat menjalani hidup dengan damai dan tidak merusak hari mu

Opini

Kalau kamu percaya opini yang kamu miliki 100% benar dan ga ada alternatif opini lain yang benar, kamu ga sendiri. mayoritas orang juga berpikir demikian.

Filosofi Stoicism percaya kalau ada perspektif lain dalam sebuah opini dan bisa jadi opini yang kamu miliki belum tentu 100% pasti benar.

Jadilah orang yang open minded dan bersedia untuk berubah.

Berikan kesempatan untuk mendengarkan opini orang lain dan bersedia untuk berubah ketika mendapat informasi baru yang benar.

Seseorang yang berpikir mengetahui segalanya, sebetulnya tidak tahu apa – apa

Masa lalu

Stop!

Stop hidup dimasa lalu

Stop menyesali apa yang harusnya kamu tidak lakukan atau kamu mulai lakukan

Start fresh.

Start hari ini

Semua yang ada di masa lalu sudah tertutup bukunya, tapi masa depan masih bisa kita tulis apapun.

Cobaan / Tidak Beruntung

Cobaan pasti datang dan pergi. Kalau kata orang hidup itu seperti roda kadang kita di atas kadang di bawah dan akan terus berputar.

Segala cobaan baik besar ataupun kecil pasti akan kita hadapi sebagai seorang individu, yang penting adalah bagaimana reaksi kita menghadapi situasi.

Kalau kamu ingat – ingat lagi ketika sekolah, sebelum kamu naik kelas pasti akan ada ujian akhir.

Bila kamu lulus makan kamu sudah layak untuk naik ke kelas berikutnya, anggaplah setiap cobaan atau ketidak beruntungan kamu adalah ujian kapabilitas kamu yang akhirnya dapat membantu menaikan kamu ke level berikutnya.

Berbicara

Dengar dulu, Bicara kemudian.

Tuhan memberikan kita 2 telinga dan 1 mulut tentunya dengan alasan.

Dengar untuk mengerti, bukan untuk memikirkan mau jawab apa.

Akan sangat egois juga kalau seorang yang sedang bercerita dan kamu malah menambahkan dengan memakai kata – kata seperti

“lu sih mending, lah gw …”

“cuman gitu doang masa…”

ga semua hal harus tentang dirimu dan kamu ga pernah tau pasti apa yang teman kamu rasakan,

apakah dengan memberikan response seperti itu akan membuat teman kamu merasa lebih baik?

terkadang orang bercerita cukup hanya untuk didengarkan bukan untuk dijawab, apalagi dihakimi

Bicara untuk menambah nilai obrolan bukan hanya sekedar ingin berbicara.

Kritik

Jangan memikirkan orang yang suka ‘nyinyir’ atau berbicara jelek tentang kamu.

Yang penting adalah perhatikan dan pelajari kesalahan yang kamu perbuat dan berusaha untuk perbaiki kesalahan – kesalahan tersebut

Tidak perlu membuang waktu untuk memperhatikan apa kata orang terhadap dirimu

Berhadapan Dengan Orang Yang Malesin

Pasti kita pernah bertemu orang yang kita kurang srek atau suka, mungkin dari sifatnya, kebiasaannya, cara berbicara, dan lain sebagainya.

Namun justru terkadang hal yang kita ga suka dari kelakuan seseorang adalah cerminan dari hal yang kita ga suka dari diri kita sendiri.

Coba perhatikan deh diri mu apakah hal / sifat yang kamu ga suka dari orang lain ternyata justru ada dalam dirimu

Gunakan Hari Mu

Jangan berpikir negatif terhadap dirimu dengan berpikir hal – hal apa saja yang kamu ga lakukan hari ini.

Tapi justru fokus pada apa yang dapat kamu lakukan di masa depan.

Ga ada yang tahu masa depan kamu, berhenti menunggu untuk besok besok besok dan Lakukan mulai hari ini!

Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu, waktu terbaik kedua adalah hari ini

Mengambil Kesempatan

Apa yang kamu tunggu? kalau kamu mau sesuatu lakukan!

Berhayal dan hanya memikirkan terus menerus tidak akan membuat mimpi atau cita – cita yang kamu impi – impikan menjadi kenyataan!

Ga ada orang yang akan memberikan dengan mudahnya kepada kamu, ga mungkin tuh tiba2 ada kurir teriak PAKETTT dan kasih “nih mimpi mu”

Ambil kendali kehidupan mu.

Penutup

Itulah 10 point dalam stoicism yang Nubie Investor dapatkan dari beberapa sumber yang akan kami lampirkan di deskripsi ya

Bagi Nubie Investor poin paling penting adalah membedakan hal yang kamu bisa kontrol dan yang tidak

Bagi sesuatu yang kamu sudah tidak bisa kontrol ya sudah relakan saja karena tidak akan ada gunanya kamu mengusahakan hal tersebut.

Tapi walaupun kamu tidakdapat mengontrol suatu hal, akan ada 1 hal yang tetap menjadi kontrol kamu yaitu response kamu terhadap kejadian tersebut

Semoga bermanfaat dan dapat membuat hari – harimu menjadi lebih bahagia dan dapat menjalani hari – hari dengan kualitas yang lebih baik!

Di Indonesia sendiri ada buku yang cukup diterima masyarakat yaitu filosofi teras karya Henry Manampiring yang membahas tentang filsafat yunani-romawi kuno stoicism ini.

Artikel Terbaru Lainnya

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.

0 Comments

Youtube Kami