10 Tips Cara Mengatur Uang Menurut Pakar, Ramit Sethi!

Aug 16, 2021Mengelola Uang, Tokoh

Hai! Kembali lagi bersama Nubie Investor. Di artikel kali ini kamu akan belajar dari Ramit Sethi seorang Personal Finance Guru dengan bukunya yang legendaris yaitu I Will Teach You To Be Rich!

Ini adalah 10 basic money rules yang diterapkan oleh Ramit Sethi dalam kehidupannya, karena menurut Nubie Investor kunci dari semua personal finance adalah

  1. Sesuaikan dengan background dan kebutuhan kamu
  2. Disiplin.

Dengan kita sama2 mempelajari apa aturan basic keuangan personal Ramit kita bisa menjadikannya sebagai patokan kemudian disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan background kita dan yang terpenting dan yang paling sulit adalah DISIPLIN mengikuti “Aturan” yang sudah kita buat

Catatan: Semua hal di bawah ini adalah saran yang diberikan oleh Ramit dan beberapa sedikit tambahan konteks dari Nubie Investor. Bukan berarti kamu harus ikutin 100% semuanya, karena ada beberapa hal yang sangat personal bukan berarti kamu dipaksa mengikuti semuanya.

Yuk kita masuk ke 10 point basic personal finance dari salah satu Guru yang sudah tidak diragukan lagi yaitu Ramit Sethi!

1. Sedia 1 Tahun Emergency Fund dalam Cash

Bagi yang belum tau ide emergency fund adalah bila sumber penghasilan kamu tiba2 berhenti berapa lama kamu dapat tetap hidup dengan gaya hidup kamu saat ini?

Ramit memberikan saran memiliki setidaknya 1 tahun Emergency Fund dalam bentuk Cash! Jadi jangan di investasikan ke saham dan lain lain yang harganya bisa fluktuatif, tapi disimpan di instrumen cash, seperti deposito bank dan reksadana pasar uang

Jadi bila pengeluaran bulanan kamu perbulan senilai 5 juta rupiah. Sediakan 60 juta di emergency fund kamu.

Pastikan terpisah dari tabungan atau uang yang akan dipakai sehari2 karena bisa beresiko terpakai.

Kenapa Emergency Fund penting? Karena kita hidup diwaktu yang penuh ketidakpastian lebih baik persiapkan yang terburuk, better safe than sorry.

2. Tabung 10% dan Investasi 20% Gross income, Minimum

Walaupun kedua kata ini saling digunakan dan artinya kadang diartikan sama, sebetulnya ada perbedaan mendasar dari keduanya.

Perbedaan saving dan invest ada ditujuannya

  1. Saving: untuk dana darurat, kebutuhan masa depan dll
  2. Sedangkan Invest: untuk mengembangkan uang menjadi lebih banyak

Investasi sekarang ini sudah banyak sekali jenis dan turunannya. Saran Nubie Investor sebelum kamu investasi apapun bentuknya haruslah pelajari seluk beluknya sampai detail sekali, kemana uang kamu akan dialokasikan? kenapa bisa mendapatkan untung segitu? Kalau tidak puas dengan jawabannya lebih baik lewati.

3. Dapat membayar dengan penuh untuk pengeluaran yang besar (Menikah, Honeymoon Impian, mobil). untuk rumah 20% down minimum

Point nya adalah jangan berhutang untuk kegiatan atau barang yang sifatnya luxury atau mewah

Bila kamu tidak sanggup membelinya dengan cash atau 100% lunas, bisa jadi kekuatan keuangan kamu memang belum sampai pada titik itu

Dalam melakukan pembelian, lebih baik fokus terhadap fungsi daripada gengsi, daripada akhirnya malah bisa menjerat kamu terhadap hutang

4. Jangan Ragu Mengeluarkan uang untuk buku, makanan pembuka, kesehatan, dan sedekah

Sudah mudah dimengerti ya. Mengeluarkan uang untuk edukasi, sedekah, dan hal2 kecil yang kamu sukai adalah Money Well Spent!

5. Business Class untuk penerbangan lebih dari 4 jam

Intinya poin ini adalah membeli kenyamanan.

6. Jangan batasi pengeluaran untuk kesehatan (Personal Trainer, Supplement) atau edukasi (course, event, dll)

Kesehatan adalah salah satu investasi terpenting yang returnnya akan kamu rasakan saat sudah tua.

Kategori ini seperti membeli suplement, gym membership, Personal trainer dan lain lain.

Pengeluaran dibidang edukasi juga janganlah dibatasi, seperti beli buku, ikut seminar, beli course, dll.

Tapi harus diingat ketika kamu beli buku, ikut course, datang ke sebuah event pastikan menerapkan FOCUS yaitu Follow One Course Until Success, praktek lebih penting dari ikut ratusan seminar.

Jangan sampai kamu cuma ketagihan belajar sana – sini tapi ga nilai tambahnya bagi hidupmu, uang yang kamu keluarkan hanya menjadi pengetahuan saja, tidak menambah skill kamu.

7. Beli sesuatu yang terbaik dan maintain sebaiknya, bukan yang termurah

Terbaik bukan berarti termahal ya. Intinya adalah mencari barang dengan harga dibanding gunanya yang paling baik.

Misalnya kamu ganti sparepart motor. Jangan cari merk sparepart yang termurah, tapi yang terbaik dari segi harga dan keawet nya. mencari yang termurah walaupun kamu mengeluarkan uang diawal yang lebih rendah. pada jangka panjangnya dapat membuat kerugian yang tidak terduga, bahkan dalam kasus sparepart motor mungkin bisa berakibat fatal

Dalam jangka panjang membeli barang2 yang berkualitas akan menghemat uang dan waktu kamu.

8. Pilihlah bekerja dengan orang yang kamu hormati dan suka

Siapa yang pernah dimarahin boss dan gedeg banget sama atasan? Apalagi bukan karena kesalahan kamu dan memang attitude atasan saja yang kurang baik.

Ramit menitipkan, gunakanlah waktu kamu untuk bekerja dengan orang yang kamu hormati dan kamu sukai, coba pertimbangkan pindah atasan apabila sebaliknya

Kalau kamu adalah boss dalam perusahaan, pastikan kamu membangun kultur perusahaan dimana semua karyawan merasa saling menghormati dan menyukai satu sama lain.

9. Menikahi orang yang tepat

Nubie Investor pernah membaca sebuah pertanyaan dari Robert Kiyosaki yang dapat merangkum poin ini.

Apakah pasangan kamu Asset Atau Liability?

Ini adalah point yang paling personal, yang terpenting menurut Nubie Investor adalah menikah memang karena berdasarkan kemantapan berdua. bukan karena tekanan dari orang tua misalnya, atau hanya sebatas gengsi sama temen2 udah pada menikah, malu diomongin tetangga dan lainnya.

Menikah bukanlah sebuah perlombaan, tidak ada yang menang dengan menikah cepet2an. yang jalanin pun bukan orang lain tapi kita sendiri.

10. Prioritas diluar spreadsheet

Keseimbangan antara bekerja dan bermain sangatlah krusial. Jangan sampai hidup hanya untuk bekerja bekerja saja, fokus juga terhadap hal lain di luar pekerjaan.

5 kategori penting yang perlu keseimbangan:

  1. spiritual
  2. emosional
  3. financial
  4. physical
  5. relationship

Penutup

Kurang lebih itu 10 point personal finance yang dibagikan oleh Ramit Sethi! Semoga dapat menginspirasi kamu membuat rules keuangan kamu!

Kamu bisa juga follow akun sosial media Ramit di twitter.com/ramit ya! Sosial media dapat menjadi hal yang positive atau negative. Cara paling mudahnya adalah bersihkan home atau feed sosmed kamu dari banyak hal negative dan mulai follow orang yang memberi value positive pada hari2 kamu! Contohnya adalah Ramit

Yuk bergabung bersama Nubie Insider dengan masukan nama dan email kamu di form di bawah ya!

Artikel Terbaru Lainnya

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Youtube Kami